Gelar Razia, Rutan Situbondo Temukan Barang Terlarang

News Satu, Situbondo, Selasa 14 Mei 2024- Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo melakukan penggeledahan rutin di blok dan kamar hunian warga binaan, Selasa (14/5/2024).

Razia ini merupakan bagian dari upaya deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan rutan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IIB Situbondo, Dedy, menjelaskan bahwa penggeledahan rutin ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta sebagai langkah pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika di area rutan.

“Razia atau penggeledahan ini dilakukan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban, serta bagian dari upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran narkotika (P4GN) di area rutan,” ujar Dedy, Selasa (14/5/2024).

Sebelum melakukan razia, petugas rutan menggelar apel dan menerima arahan dari Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas IIB Situbondo. Arahan ini ditujukan kepada seluruh personel yang akan mengikuti razia atau penggeledahan.

“Razia ini juga untuk mensterilkan barang-barang terlarang yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di rutan seperti handphone, narkoba, sajam, dan lainnya,” tandasnya.

Dalam razia kali ini, petugas menemukan sejumlah barang berbahaya yang dilarang masuk ke rutan, antara lain gantungan besi, korek api, paku modifikasi, alat cukur jenggot, sendok makan modifikasi, dan potongan kuku.

“Barang bukti hasil razia ini diinventarisir dan dicatatkan dalam berita acara serah terima hasil penggeledahan, dan selanjutnya akan kami musnahkan,” tukasnya.

Usai penggeledahan, para warga binaan dikumpulkan untuk diberikan pengarahan agar tidak kembali melakukan pelanggaran dengan menyelundupkan barang-barang yang dilarang.

“Kami berharap semua warga binaan tetap menjaga keamanan dan kondusivitas yang ada di rutan Situbondo,” pungkasnya.

Penggeledahan rutin ini diharapkan dapat terus memperkuat keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Situbondo, serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan rutan. (Imam)

Komentar