Dijadwalkan Beroperasi Hari Ini, Masyarakat Talango Sambut Armada Baru

News Satu, Sumenep, Jum’at 22 April 2022- Penambahan armada baru di penyeberangan Kalianget-Talango pada Kamis (21/4/2022) kemarin, dijadwalkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan beroperasi pada Jum’at (22/4/2022) hari ini.

Rencana tersebut mendapat respon baik dari DPRD kabupaten Sumenep dan masyarakat Talango. Sebab, dengan adanya armada baru tersebut dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan yang sering terjadi di penyebarangan Kalianget-Talango.

Salah satu Tokoh muda kecamatan Talango, Eliyanto, dengan adanya penambahan armada baru ini pihaknya menyampaikan terimakasih kepada pemkab Sumenep karena telah mewujudkan keinginan masyarakat Talango yang selama ini diharapkan.

“Mengapresiasi penambahan armada tongkang sebagai salah satu upaya penguraian kemacetan yang selama ini bahkan bertahun-tahun sudah dikeluhkan oleh masyarakat kepulauan Talango,” katanya.

Keinginan masyarakat Talango dalam penambahan armada baru ini melalui perjalanan panjang dan menjadi bagian perjuangan yang cukup melelahkan bagi masyarakat setempat. Sebab, dari 2019 lalu masyarakat Talango melakukan hearing dengan Komisi III DPRD Sumenep, meminta pemerintah daerah dapat memenuhi kebutuhan fasilitas masyarakat Talango yakni dengan penambahan armada baru di penyebarangan Kalianget-Talango.

Dari hasil hearing tersebut, menurut Eliyanto, penjuangan masyarakat Talango tidak sia-sia. Karena terciptanya kesepakatan antara elemen masyarakat dan pemerintah daerah, yang dibuktikan dengan nota kesepakatan yang tandatangani langsung oleh Bupati Busyro Karim, Dinas Perhubungan, dan Syahbandar.

“Alhamdulillah, perjuangan dan penantian panjang kami akhirnya terwujud dengan adanya penambahan armada baru yang sudah siap beroperasi,” terangnya, Jum’at (22/4/2022).

Eliyanto berharap, dengan adanya penambahan armada baru ini dapat mendongkrat kembali perekonomian masyarakat Talango. Serta dapat mempercepat akses masyarakat dalam melakukan aktivitas perdagangan.

“Saya yakin perekonomian masyarakat Talango akan terangkat, sebab selama ini sejumlah pengusaha kesulitan untuk mendapatkan akses yang cepat karena kekurangan armada di penyeberangan. Contohnya seperti pengusaha sapi yang mengejar waktu dan target pasar,” jelasnya.

Tidak hanya dalam bidang perekonomian saja, adanya armada baru ini juga dapat mempermudah akses wisatawan yang hendak berwisata religi ke Asta Sayyid Yusuf.

“Semoga dengan adanya penambahan armada tongkang bisa membantu mengurai kemacetan dan meningkatkan stabilitas perekonomian serta kenyamanan bagi para pengunjung atau peziarah Asta Sayyid Yusuf,” tukasnya. (Zalwi)

Komentar