Disparbudpora Sumenep Tampilkan Topeng Dalang Di Taman Mini Indonesia

News Satu, Sumenep, Senin 9 Maret 2020- Upaya pelestarian kesenian dan budaya warisan leluhur terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumanep, Madura, Jawa Timur. Kali ini, sebagai bentuk upaya dan promosi terhadap kesenian dan budaya Sumenep, Disparbudpora menampilkan topeng dalang dengan Judul Keris Pulanggeni di Taman Mini Indonesia Indah Anjungan Jawa Timur-DKI Jakarta, Minggu (8/3/2020).

“Alhamdulillah, penampilan topeng dalang di Taman Mini Indonesia mendapat respon luar biasa dari para pengunjung,” kata Kepala Disparbudpora Sumenep, Drs. Bambang Irianto, M.SI, Senin (9/3/2020).

Lanjut Bambang, sambutan luar biasa itu, menurut Kepala Disparbudpora Sumenep Bambang Irianto, bukan hanya dari perkumpulan paguyuban kesenian dari Madura, akan tetapi banyak juga masyarakat Jakarta, bahkan ada yang dari mancanegara.

Baca Juga :  Tari Topeng Dalang Jadi Sarana Sosialisasi Pemberantasan Rokok Ilegal Di Sumenep

“Banyak masyarakat yang hadir Taman Mini Indonesia meminta agar penampilan yang berkomposisi dari tari keris dan topeng itu, lebih sering ditampilkan di berbagai ajang terutama untuk secara khusus, seperti di hadapan para petinggi daerah di lokal dan internasional,” ungkapnya.

Dalam penampilan tari Topeng Dalang itu, juga menyampaikan panorama destinasi wisata Sumenep, salah satunya yang menjadi atensi prioritas, yakni Pulau Giliyang, salah satu pulau di Sumenep dengan kandungan oksigen terbaik di dunia.

“Dengan respon itu, kami menargetkan go internasional, sekaligus mempromosikan destinasi wisata yang disematkan dalam penampilan Topeng Dalang,” tandasnya.

Selain promosi melalui media massa atau internet, menurut Bambang, adanya paket khusus itu dapat menyajikan beragam perwajahan kabupaten berlambang Kuda Terbang ini. Beragam perwajahan yang dimaksud, tidak hanya destinasi panorama alam, namun kekayaan kesenian tradisional. Sehingga Sumenep lebih dikenal oleh dunia, dan secara otomatis akan menjadi magnet untuk menarik kunjungan masyarakat lokal dan internasional.

Baca Juga :  Pemkab Sumenep Akan Menggelar Lomba Topeng Dalang

Target paket khusus yang dimaksud, tidak sekadar rencana. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan kesenian Jawa Timur dan tinggal menunggu jadwal rampung untuk go internasional. Karena dampak dari paket tersebut sangat nyata untuk meningkatkan target yang tertuang dalam visit Sumenep.

“Otomatis, langsung dikenal dari segala potensi dan nilai nilai budaya, hari ini tujuannya hanya untuk promosi, tentang Sumenep tidak hanya tradisional termasuk potensi. Paket sudah siap menunggu,” imbuhnya.

Sosok visioner ini, tidak muluk-muluk dalam menyampaikan keinginannya, yang paling mendasar adalah memberikan kontribusi yang signifikan di daerah dia bertugas. Baginya, memikirkan Sumenep melalui sektor pariwisata dan kebudayaan maupun yang lainnya, harus berdampak kepada perkembangan indeks pembangunan manusia (IPM).

Baca Juga :  Bupati Sumenep, Topeng Dalang Harus Tetap Dilestarikan

Salah satunya adalah pergelaran Topeng Dalang yang merupakan Tari Muang Sangkal, yang juga memberikan warna tersendiri untuk menyiarkan kekayaan Kota Keris ini melalui penampilan seni budaya.

“Saya akan terus bekerja dengan maksimal agar Sumenep terus berkembang dan maju dalam bidang pariwisata,” pungkasnya. (Lim)

Komentar