Optimasilisasi Pembayaran PBB, BPPKAD Sumenep Gandeng Camat Dan Kades

News Satu, Sumenep, Senin 4 Juli 2022- Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggandeng Camat dan Kepala Desa (Kades) dalam melakukan sosialisasi optimalisasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB). Hal itu dilakukan untuk bersinergi dalam memaksimalkan serapan pendapatan asli daerah (PAD) melalui perpajakan.

BPPKAD merupakan instansi yang dipercaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dan diberi kewenangan mengelola sejumlah aset daerah, seperti perpajakan daerah, selalu konsisten mengajak masyarakat untuk melunasi tunggakan dan juga konsisten membayar setiap tahunnya.

Kepala Bidang (Kabid) Penagihan BPPKAD Sumenep Urip Mardani mengatakan, serapan pendapatan khusus pajak PBB merupakan salah satu kewajiban yang harus dituntaskan oleh masyarakat. Sebab, secara tidak langsung akan kembali kepada masyarakat dan salah satunya berwujud pembangunan-pembangunan.

“Makanya, kami turun langsung ke lapangan untuk memberikan sosialisasi, dengan tujuan mengembalikan gairah masyarakat untuk sadar membayar pajak tanah,” katanya, Senin (4/7/2022).

Lanjut, Urip Mardani, pihaknya akan terus melakukan sosisalisasi dalam rangka merangsang masyarakat dalam tata membayar PBB. Bahkan, saat ini pihaknya telah melakukan sosialisasi ke daerah kecamatan di area kepulauan.

“Termasuk hal terpenting disampaikan dalam setiap sosialisasi itu, masyarakat diberikan kemudahan dalam pembayaran pajak,” ucapnya.

Ia menambahkan, masyarakat diberi pilihan untuk melakukan pembayaran, yaitu dapat membayar langsung kepada aparatur desa, serta bisa dilakukan dengan pembayaran nontunai melalui rekanan bank yang sudah tersebar di seluruh kecamatan.

“Kami terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat, bisa langsung bayar ke Bank Jatim, boleh, karena memang pemerintah sudah bekerja sama,” tandasnya.

Selain sosialisasi tersebut, pihaknya juga melakukan upaya lain untuk mengingatkan masyarakat agar antusias membayar PBB, yakni memasang pamflet di daerah strategis di seluruh desa.

“Dengan materi yang mengajak secara santun kepada masyarakat untuk taat membayar PBB, semoga tahun 2022 ini pembayaran PBB sesuai dengan target,” imbuhnya. (Zalwi)

Komentar