Pengurus PABPDSI Gelar Silaturrahim Dengan Bupati Sumenep

News Satu, Sumenep, Rabu 6 Maret 2022- Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan silaturrahim dengan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Para BPD itu ditemuai Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, di ruang pertemuan Andhap Asor Keraton Sumenep. Pertemuan yang digelar Rabu (6/4/2022) itu, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf, serta Kabid Pemerintahan Desa Supardi.

Ketua PABPDSI Kabupaten Sumenep M. Sukran Hamidy menyampaikan komitmennya untuk turut serta dalam membangun Sumenep.

Keberadaan PABPDSI sejak enam bulan terakhir di kota keris, menjadi titik awal kebangkitan BPD, karena peran strategis legislator desa itu perlu dihidupkan kembali.

“Disadari atau tidak, sejauh ini BPD seperti mati suri, Alhamdulillah dengan terbentuknya PABPDSI mulai ada geliat. Ada semangat untuk kembali ke tupoksinya,” terang pria yang juga menjabat ketua ranting NU Lenteng Barat.

Dijelaskan Sukran, ada beberapa program yang tengah digencarkan sebagai sarana penguatan peran BPD, selain Ngaji Desa, program teranyar PABPDSI adalah Ngobras Desa (Ngobrol Santai Seputar Desa).

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyambut baik semangat berdirinya organisasi PABPDSI. Keberadaan PABPDSI yang sudah terbentuk hingga Kecamatan diyakini akan berdampak baik untuk pembangunan desa.

Termasuk, kata orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini, pengawasan pembangunan desa akan berjalan, sehingga kemajuan desa sesuai dengan yang diharapkan.

“Harus bersinergi untuk membangun desa, tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” terangnya, Rabu (6/4/2022).

Politisi muda PDI Perjuangan ini berpesan, orientasi PABPDSI juga harus selaras dengan visi misa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Bahkan, untuk penguatan peran BPD ke depan, PABPDSI diminta untuk bisa mendampingi BPD di setiap desa agar tegak lurus di atas aturan yang benar.

“BPD harus tegak lurus di atas aturan kebenaran, jangan takut. Silahkan PABPDSI turun dampingi teman-teman BPD di setiap desa, harus kompak,” pintanya.

Selain itu, Bupati Ra Achmad Fauzi berjanji mengakomodir harapan pengurus PABPDSI, untuk mendapatkan penguatan peran baik dari segi aturan maupun fasilitas.

“Apa yang menjadi harapan pengurus PABPDSI akan kami akomodir, nanti tinggal ditindak lanjuti ke Dinas terkait,” tutupnya. (Zalwi)