Cuaca Ekstrem, BPBD Jawa Timur Imbau Warga Waspada

News Satu, Mojokerto, Jumat 15 Maret 2024- Cuaca ekstrem belakangan ini telah menyebabkan berbagai bencana di Provinsi Jawa Timur, termasuk Mojokerto, seperti banjir, angin kencang, dan tanah longsor.

Untuk menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu, Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Gatot Subroto, mengimbau kepada masyarakat di daerah perbukitan, di sepanjang sungai, dan lokasi rawan bencana lainnya untuk selalu waspada dan mencari tempat aman jika terjadi perubahan cuaca ekstrem, terutama hujan deras.

“Kami mengingatkan kepada masyarakat bahwa hujan dengan intensitas tinggi masih sering terjadi. Oleh karena itu, mari selalu berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah,” ujar Gatot, Jumat (15/3/2024).

Meskipun telah dilakukan berbagai himbauan, mitigasi, dan langkah pencegahan, tetapi kewaspadaan dan kehati-hatian dari warga perlu ditingkatkan. Pasalnya, beberapa hari terakhir, Mojokerto telah dilanda banjir akibat tingginya curah hujan.

“Dengan ancaman banjir, longsor, dan banjir bandang yang masih mungkin terjadi, kita harus tetap waspada,” tambah Gatot.

Masyarakat juga diminta untuk mengenali potensi ancaman bencana alam di sekitar lingkungan mereka. Untuk itu, akseslah media sosial atau website resmi BPBD setempat guna mengetahui kerawanan sesuai dengan lokasi geografis masing-masing.

“Oleh karena itu, mari kenali ancaman di sekitar kita dan bersiap untuk mencegah potensi bencana yang mungkin terjadi,” pungkasnya. (Halim)

Komentar