News Satu, Ogan Komering Ilir, Selasa 28 April 2020- Mengantisipasi dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terhadap perekonomian masyarakat OKI, Bupati OKI yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 OKI, H Iskandar SE bakal segera menggelontorkan dana sebesar Rp12 miliar untuk membantu meringankan beban masyarakat misbar (miskin baru) akibat dampak Covid-19.

“Dana sebesar Rp 12 miliar tersebut rencananya akan diperuntukkan untuk 60.000 kepala keluarga (KK) yang telah terdata sebagai masyarakat Miskin Baru (Misbar) penerima paket sembako yang terdampak Covid-19 di wilayah OKI,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI, H Reswandi, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (28/4/2020).

Dikatakannya, bantuan pangan atau sembako untuk 60.000 kepala keluarga (KK) miskin baru (Misbar) yang terdampak Covid-19 ini berupa 10 Kg beras, 1 dus mie instant, 2 Kg minyak sayur dan 1 Kg gula atau setara dengan bantuan Rp200 ribu per Kepala Keluarga ini akan segera didistribusikan kepada yang bersangkutan di masing-masing kelurahan/desa melalui kecamatan masing-masing.

“Hari ini akan kita distribusikan ke Desa Kayu Labu Kecamatan Pedamaran Timur sebanyak 5 ton beras berikut paket sembako lainnya dan besok untuk Kecamatan Kayuagung dan Teluk Gelam, dan begitu seterusnya untuk kecamatan lainnya di wilayah OKI,” terangnya.

Lanjutnya, bantuan sembako ini merupakan kebijakan Bupati OKI yang juga selaku Ketua Gugus tugas penanganan Covid-19 OKI untuk mengantisipasi masyarakat OKI yang terdampak Covid-19 agar terpenuhi pangan, karena hingga saat ini bantuan dari Kementrian Sosial maupun BLT dari Dana Desa belum ada kabar kapan turunnya.

“Bantuan 60.000 paket sembako ini hanya akan diberikan kepada warga miskin baru yang terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan sosial lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja”, jelasnya.

Komentar