Mantan Karyawan PT Hansika Unggul Indah Lapor Ke DPRD Komisi III

News Satu, Probolinggo, Rabu 19 Januari 2022- Djuharsan bersama dua karyawan lainnya mendatangi DPRD Komisi III. Ia merupakan warga Jl. KH. Hasan Genggong Gg Kemangi, RT 05, RW 06, kelurahan Sukoharjo, kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Kedatanganya sebagai bentuk laporan atas apa yang menimpa mereka. Djuharsan dan keduanya rekannya merupakan karyawan PT. Hansika Unggul Indah yang di PHK Wadul.

Menanggapi hal itu, Komisi III gelar RDP (Rapat Dengar Pendapat) yang dihadiri pihak bersangkutan yaitu 3 karyawan, Perwakilan PT. Hansika Unggul Indah dan Disnaker kota Probolinggo yang dipimpin Ketua Komisi III.

Robit Riyanto, selaku anggota Komisi III, meminta agar pihak disnaker kota Probolinggo, ketiga karyawan di PHK serta pihak perusahaan di rapatkan dulu secara mediasi.

“Tolong pihak Disnaker dan PT. Hansika Unggul Indah, serta karyawan pelapor untuk selesaikan masalah ini. Setelah itu hasil laporan kirim ke kita dengan batas waktu umpama satu minggu lalu kami beri laporan hasilnya,” pintanya, Rabu (19/1/2022).

Sementara, pengakuan dari perwakilan perusahaan Hj. Sutiyah, mengatakan, Surat PHK itu bukan surat pemberhentian karyawan namun agar mendapatkan uang dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini masalah pribadi. Dulu dari BPJS kita ada tunggakan satu tahun. Kita tidak bisa bayar. Saran dari BPJS kita tutup dulu agar menerima uang dari BPJS. Setelah dapat uang mereka tidak bertahukan kepada kita. Saya sudah ngomong ke admin saya bahwa kata – kata di surat itu ada tulisan PHK. Sebenarnya saya tidak mau dengan tulisan ini. Kalau tidak di PHK jamsostek tidak dicairkan katanya. Ini hanya PHK sementara,saat itu sudah saya bilang bahwa uang BPJS bisa diambil tetapi disini tetap ada yang bekerja dulu jangan ditutup. Saat masih normal 200 karyawan saat masa pandemi sampai hari ini tinggal 15 karyawan, soal ini urusan pribadi mereka dengan saya,ini masih dirapatkan lagi ” tegasnya.

“Soal gaji mereka saya tetap bayar itu janji saya. setelah owner saya membayar kiriman barang saya. Sebab ini tanggung jawab saya. PT. Hansika Unggul Indah ada di jakarta. Sedangkan cabangnya disini,” tandasnya.(Bambang)

Komentar