oleh

Hairul Anwar : Pengurus Kadin Harus Paham Soal Ekonomi

News Satu, Sumenep, Senin 2 Desember 2019- Untuk menjadi pengurus apalagi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) harus tahu betul tentang soal pertumbuhan atau gerak ekonomi. Sehingga, pengurus maupun Ketua Kadin akan mengetahui apa yang harus dilakukan pemerintah dengan kewenangan regulasinya, jika terjadi pergerakan ekonomi yang kurang wajar.

“Ya tidak serta merta langsung ditunjuk menjadi Ketua maupun Pengurus Kadin. Sebab, seorang Ketua harus memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi, dan juga harus memberikan solusi apa yang harus dilakukan Pemerintah dalam bidang Ekonomi,” ujar Hairul Anwar, Ketua Kadin Sumenep, Senin (2/12/2019).

Lanjut Pengusaha Muda asal Sumenep ini, jika Pengurus maupun Ketua Kadin tidak memahami hal itu, maka hanya sekedar menyandang jabatan sebagai Ketua maupun Pengurus Kadin saja, tanpa bisa memberikan solusi bagi Pemerintah maupun masyarakat.

Namun sebaliknya, jika Pengurus dan Ketua Kadin-nya paham dengan hal itu, maka akan tercipta keseimbangan ekonomi yang bermuara pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Bukan seperti yang terjadi saat ini. Ketimpangan ekonomi masyarakat yang mengakibatkan ketidak adilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Ketua BM DPD PAN Sumenep ini.

Oleh karena itu, pihaknya menekankan agar para pengurus untuk lebih memahami tentang Ekonomi makro dan mikro.

“Sehingga, keberadaan Kadin ini akan dirasakan oleh masyarakat,” tegasnya.

Geostrategis sebuah daerah yang akan menyumbang PDB (product domestik bruto) terhadap pertumbuhan daerah tersebut. Pengendalian inflasi dan sekaligus menjaga pendapatan negara. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi masyarakat dan juga soak tenaga kerja.

“Dari itu akan tercipta negara atau daerah yang kuat secara ekonomi. Karena fungsi Kadin adalah mitra strategic pemerintah dibidang ekonomi,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.