HEADLINENEWSNEWS SATUPEMERINTAHANPEMKAB SUMENEPREGIONALSUMENEP

Pemkab Sumenep Diminta Serius Menindaklanjuti Rekomendasi Pansus

914
×

Pemkab Sumenep Diminta Serius Menindaklanjuti Rekomendasi Pansus

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sumenep Diminta Serius Menindaklanjuti Rekomendasi Pansus
Pemkab Sumenep Diminta Serius Menindaklanjuti Rekomendasi Pansus

News Satu, Sumenep, Sabtu 30 Maret 2024- DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur,  menggelar rapat paripurna dengan agenda utama penyampaian laporan hasil pembahasan Pansus LKPj Bupati Sumenep tahun 2023.

Juru bicara Pansus DPRD Sumenep, M. Muhri menyatakan, bahwa timnya telah mengoptimalkan waktu untuk mendiskusikan LKPj secara detail, menghasilkan beberapa rekomendasi penting. Yakni terkait profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam hal ini Pansus menegaskan perlunya penegakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing, karena masih banyak ASN yang melakukan tugas di luar tupoksinya.

Kemudian, terkait Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT), Pansus menyatakan bahwa anggaran yang besar untuk KIHT tidak memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat. Oleh karena itu, disarankan agar lebih baik diswakelolakan atau bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan para pengusaha.

Ketiga, terkait pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), masih banyak kendala yang dihadapi, terutama terkait proteksi anggaran dari pemerintah. Pansus menyarankan prioritas pengembangan UMKM perlu mendapat perhatian serius.

“Keempat, terkait Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU), Pansus menyoroti perlunya perbaikan dan pemeliharaan yang lebih baik, serta pemasangan tiang baru di pedesaan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat,” katanya, Sabtu (30/3/2024).

Lanjut Politisi PKB ini, rekomendasi Pansus bukan sekadar saran, tetapi harus dijadikan perhatian serius oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Dia menekankan pentingnya penindakan terhadap rekomendasi tersebut, mengingat pengalaman di tahun-tahun sebelumnya di mana rekomendasi seringkali tidak ditindaklanjuti.

“Di sisi lain, Pansus memberikan apresiasi kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dan jajaran atas kerja keras mereka dalam merealisasikan program-program APBD 2023, meskipun masih terdapat ketidaksesuaian antara data LKPj dengan fakta lapangan,” pungkasnya.

Pansus menginginkan agar semua rekomendasi menjadi bahan evaluasi serius bagi Bupati Sumenep dalam melakukan pembenahan dan penyempurnaan ke depannya. (Robet)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.