Rutinitas Ramadhan, RSUD Moh Anwar Bagi-Bagi Takjil Pada Keluarga Pasien

News Satu, Sumenep, Selasa 19 April 2022- Momentum bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dengan beribu manfaat bagi umat muslim. Maka, tak ayal dibulan suci ini berbagi rejeki adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak kalangan. Khususnya, kali ini RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang bertugas dirumah sakit tersebut dan para donatur lainnya melangsungkan kegiatan bagi-bagi takjil gratis pada keluarga pasien yang dirawat di RSUD dr. Moh Anwar Sumenep. Hal itu dilakukan sejak tanggal 3 April 2022 M / 1 Ramadhan 1443 H dan berlanjut hingga hari ini.

Arman Endika P, selaku Humas RSUD dr. Moh Anwar Sumenep, mengatakan, kegiatan bagi-bagi takjil gratis itu sebagai rutinitas setiap tahun ketika memasuki bulan Ramadhan. Setiap menjelang buka puasa, ada sebanyak 100 bungkus takjil yang disediakan dalam setiap hari. Kegiatan tersebut dilakukan guna mengurangi beban keluarga pasien yang berhari-hari menunggu di rumah sakit.

“Sinergi antara Darma Wanita, dokter, komite medis dan takdir serta civitas rumah sakit sehingga terwujud gerakan sosial berupa bagi-bagi takjil kepada keluarga pasien di rumah sakit setiap hari menjelang buka puasa,” katanya, Selasa (19/4/2022).

Kegiatan sosial yang dilakukan RSUD Moh. Anwar ini sebagai bentuk upaya dalam menciptakan nilai sosial yang baik dalam berkomunikasi aktif antara pihak rumah sakit dengan keluarga pasien. Sehingga ada sinergi dalam mencurahkan kasih sayang di bulan suci ini, dan bisa mencapai segala keinginan bersama.

“Ini dalam rangka membangun emosional antara keluarga pasien dengan pihak rumah sakit,” jelasnya.

Arman menghimbau kepada keluarga pasien agar tetap menjaga pola makan, utamanya saat buka puasa dan menjelang lebaran karena pola makan itu sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup sangat dianjurkan saat di malam hari. Manusia tidak makan bisa bertahan selama 7 hari, tapi kalau kekurangan cairan 5 persen saja bisa mati.

“Untuk itu kami juga menghimbau agar masyarakat, termasuk keluarga pasien rumah sakit menjaga pola makan dan minum air putih yang cukup,” ucapnya.

Lebih lanjut Arman menerangkan, bahwa pelayanan di RSUD Moh. Anwar tidak ada perubahan jam kerja, tetap seperti sedia kala. Dokter dan tim medis tetap masuk seperti biasanya, tanpa mengurangi jam kerja.

“Rumah sakit ini kan instansi pelayanan, jadi tidak ada perubahan jadwal pelayanan. Apalagi menjelang lebaran nanti, tetap seperti biasanya,” tukasnya. (Hodri)