Tingkatkan Ekonomi Madura, Ini Permintaan Bupati Sumenep Ke Pemerintah Pusat

News Satu, Sumenep, Kamis 2 Februari 2023- Kedatangan Menteri Keuangan, Menkopulhukam dan Ketua Banggar DPR RI ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, nampaknya dijadikan momentum yang tepat bagi Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH.

Buktinya, orang nomor satu di Kabupaten Sumenep ini meminta agar pemerintah pusat menghidupkan kembali jalur kereta api di Pulau Garam Madura, sebagai upaya peningkatan Ekonomi Masyarata Madura.

“Masyarakat Madura menginginkan jalan tol, namun karena tidak memungkinkan dilaksanakan pembangunannya, kami meminta jalur kereta api aktif kembali seperti dahulu,” kata Bupati Sumenep, Kamis (2/2/2023).

Lanjut Achmad Fauzi yang memiliki nama kecil Achmad Fauzi Wongsoyudo ini, Pihaknya telah mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo untuk menghidupkan kembali jalur kereta api, sehingga kepala daerah lain di Pulau Madura bersama-sama melayangkan surat kepada pemerintah pusat.

Baca Juga :  Diduga Membunuh Makra, Tiga Warga Kangean Ditangkap Polisi

“Saya meminta kepada Menteri Keuangan dan Ketua Banggar DPR RI memperjuangkan kepada presiden untuk menghidupkan kembali jalur kereta api ini,” ujarnya.

Permintaan itu, disampaikan Bupati saat bertemu dengan Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menko Polhukam Mahfud MD, di Pendopo Agung Sumenep.

Bupati mengungkapkan, Pulau Madura memiliki potensi sebagai penghasil garam, jagung dan daging sapi, sehingga membutuhkan transportasi yang memadai termasuk kereta api guna mempercepat perputaran komoditas.

“Saya yakin dengan adanya kereta api ini, bisa mendorong peningkatan perekonomian dari hulu ke hilir demi kesejahteraan masyarakat Madura,” tuturnya.

Sementara Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah mengungkapkan, dirinya bersama Menko Polhukam Mahfud MD sudah bicara di tingkat nasional tentang permintaan menghidupkan kembali jalur kereta api itu.

Baca Juga :  Ibu Rumah Tangga Ini Berpenghasilan Rp 30 Juta Lebih Setiap Bulan

“Mudah-mudahan dalam satu dua tahun ini bisa direalisasikan, karena ada calon  investor dari Jepang yang berminat untuk membangun jalur rel kereta api di Madura,” pungkasnya. (R2)

Komentar