Tak Hanya Jadi Organisasi 150 Jurnalis, Ini Target Ketua SWI Sumsel

News Satu, Palembang, Senin 30 Mei 2022- Pasca terpilihnya Ketua DPW Serikat Bersama (Sekber) Wartawan Indonesia (SWI) Sumsel, Alex Pandawa Lima, bersama tim langsung bergerak cepat menyusun gerbong kepengurusan hingga membentuk jajaran DPD tingkat Kabupaten/kota se-Sumsel.

DPW SWI Sumsel juga kini telah menempati kantor baru di jalan Bank Raya VI Palembang, sebagai posko dan sekretariat bersama.

Ketua DPW SWI Sumsel, Alex Pandawa Lima mengaku siap melakukan koordinasi dengan seluruh anggota dan jajaran kepengurusan untuk menyamakan visi dan misi, agar semuanya berjalan seirama alias seragam.

“Ibarat gerbong kereta, kalau masinis yang membawa ke jalur yang sesuai, saya pastikan marwah seorang jurnalis itu bisa dijunjung tinggi,” ucap Alex.

Selain memperkuat jajaran kepengurusan, Alex bersama tim juga tengah menginvetarisir seluruh anggota di Sumsel, termasuk penandatangan fakta integritas yang menjadi komitmen SWI sebagai organisasi dalam wadah wartawan media online di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, adapun jumlah anggota yang berhasil dihimpun capai lebih dari 150an anggota yang terdiri dari 150 media online yang tersebar di Sumsel.

“Karena ini adalah organisasi besar hingga di tingkat pusat, saya optimis, semua teman-teman dari 150 media online ini bisa satu visi untuk membesarkan SWI di Sumsel termasuk juga akan diperkuat dengan pembentukan DPD SWI hingga ke seluruh Kabupaten kota di Sumsel. Semuanya akan kita inventarisir secara total,” katanya.

Jika Administrasi tuntas, kepengurusan sudah menyiapkan beberapa program kerja sehingga peran SWI sebagai organisasi wartawan Online makin besar dan tepat sasaran.

Adapun program kerja dengan melakukan roadshow dan silaturahmi dengan lembaga dan instansi di Sumsel, baik pemerintahan, swasta hingga perusahaan berskala nasional yang ada di Sumsel. Ini dilakukan dalam rangka silaturahmi serta membina hubungan kerja, karena bagaimana pun tugas wartawan tak bisa dilepaskan dari tiga instansi tersebut.

“Kita bina hubungan kerja melalui program kerja bersama dengan mitra, baik itu pemerintah dan swasta, baik dalam bentuk kegiatan pelatihan wartawan, pola pembuatan channel pemberitaan bersama hingga kegiatan yang bersifat temporary,” paparnya.

DPW SWI Sumsel, lanjut Alex, juga akan mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Juli mendatang di Jakarta. Kegiatan bakal dihadiri oleh seluruh jurnalis media online di Indonesia, sebagai ajang kumpul dan silaturahmi. Ini juga sebagai bentuk komitmen bersama jurnalis online dalam membangun marwah wartawan yang smart, berdedikasi dan berintegritas.

“Ajang silaturahmi dan temu bersama para jajaran pengurus SWI di tingkat pusat, dan lainnya. makanya semua program kerja yang akan kita susun akan dipaparkan saat Rakernas nanti,” katanya.

Sementara Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan Indonesia SWI Pusat, Maryoko Aiko mengatakan tetap mengikuti aturan menuju menjadi konstituen Dewan Pers.

 “SWI sudah punya AHU, NPWP, tapi kalo belum ada SK dari Dewan Pers saya anggap masih tetap berjalan dan begini saja terus lah lengkapi berkas DPW dan DPD nya agar berjalannya Deklarasi menuju Dewan Pers,” ungkapnya.

Dia berharap semua pengurus segera mendapatkan SKT dari Bakesbangpol setempat.

“Kami di DPP sangat berharap agar Surat keterangan dari Kesbangpol daerah masing-masing (SKT ) segera didapat sebelum Deklarasi dan Rakernas pada Juli mendatang.

Kalo itu sudah Fix DPP SWI Pusat akan undang Ketua Dewan Pers, M.Nuh sebagai salah satu narasumber pada giat di bulan Juli,” pungkasnya.

Senada, Sekretaris Jenderal Herry Budiman mengajak seluruh pengurus SWI di daerah untuk bersama-sama dan saling dukung agar di tahun 2022 ini SWI bisa menjadi koinstituen Dewan Pers.

“Saya percaya, khususnya pengurus DPW mendapatkan SKT Bakesbangpol Provinsi sebelum datang ke Jakarta mengikuti Deklarasi dan Rakernas pada Juli mendatang,” ucap Herry.

Herry juga mengingatkan untuk Kartu Tanda Anggota (KTA) SWI akan diserahkan pada saat Deklarasi. “KTA diserahkan pada saat Deklarasi nanti, bagi yang belum menyerahkan data format excel agar dikirim selambatnya Juni. Peserta Rakernas adalah pengurus yang sudah di-SK-kan DPP baik DPW atau DPD,” katanya

Senada diungkapkan, Ketua Panitia Deklarasi dan Rakernas Riki. Dua merinci untuk delegasi daerah baik DPW atau DPD adalah tiga orang.

“Ketiga orang itu adalah Ketua, Sekretaris dan Divisi OKK. Kalau pun lebih dari 3 orang delegasi diminta agar berkordinasi dengan Panitia,” terangnya.

Riky menambahkan untuk undangan resmi dan proposal Deklarasi dan Rakernas akan dikirim ke daerah awal bulan Juni 2022.

“Jadi untuk proposal akan dikirimkan mulai akhir bulan Mei hingga awal Juni 2022, begitu pun dengan undangan resminya,” katanya. (Hasan)