Sukseskan Ijen Geopark, Wabup Irwan Lakukan Kerja Bakti

News Satu, Bondowoso, Senin 30 Mei 2022- Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat meninjau secara langsung jalannya kerja bakti. Sesampainya di pos paltuding atau lokasi wisata kawah ijen.

Ribuan karyawan Pemkab Bondowoso dibantu personil TNI, Polri dan PT. Medco Geotermal saling bahu-membahu membersihkan dan memperbaiki Jl. Kawah Ijen sepanjang 29 Km. Mulai dari Kecamatan Sumber Wringin hingga pos Paltuding atau lokasi wisata kawah ijen, Kecamatan Ijen.

Serbuan kerja bakti itu dilakukan dalam rangka turut menyukseskan wisata Ijen menuju UNESCO Global Geopark. Kerja bakti bersih-bersih jalan itu dilakukan sejak Kamis 26 Mei hingga Minggu 29 Mei 2022.

Pantauan di lapangan, selain tim dari 17 OPD, 23 Kecamatan se-Bondowoso juga mengerahkan karyawannya masing-masing. Mulai dari alat sederhana seperti sabit, cangkul hingga alat berat juga dikerahkan. Semak yang selama ini mengganggu badan jalan dipapas. Bekas longsoran tanah juga dibersihkan. Tak ketinggalan, beberapa jembatan di sepanjang jalan tak luput dari perbaikan.

Wabup Irwan juga meninjau sarana dan prasarana kawasan wisata. Seperti toilet dan lapak pedagang.

Melihat kekompakan dan antusiasme dari seluruh pihak yang begitu besar terhadap kebersihan lingkungan, Wabup Irwan mengaku senang. Karena kekompakan yang terbangun, menurutnya adalah bentuk etos kerja demi mengenalkan Bondowoso pada kancah dunia.

“Alhamdulillah kita kompak. Bersama melakukan bersih-bersih demi mensukseskan Ijen Geopark menuju UNESCO Global Geopark,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) dijadwalkan akan melakukan penilaian Ijen Geopark pada 8-13 Juni 2022 mendatang. Ada lima titik yang akan ditinjau oleh tim assesment. Yaitu Kawah Wurung, Kluncing, Lava Plalangan, pemandian air panas Blawan dan Paltuding. (Rokib)

Komentar