oleh

Ini Cara FPTI Pamekasan Kenalkan Olahraga Alam Bebas pada Masyarakat

News Satu, Pamekasan, Senin 11 Oktober 2021- Membentuk generasi Muda yang sehat dan berbakat sekaligus berprestasi merupakan salah satu dari sasaran Federasi Panjat Tebing Indonesia atau FPTI Kabupaten Pamekasan Jawa timur. Terutama dalam ranah Pengenalan dan pengembangan olahraga tantangan dan alam bebas baik secara prestasi maupun rekreasi.

Nah, sasaran dari pengenalan itu salah satunya yakni para pelajar yang biasanya lebih energik dan semangat melakukan kegiatan sesuai dengan bakat dan keinginannya. Apalagi yang berkaitan dengan olahraga yang bisa dilakukan di alam bebas secara bersama-sama dalam satu komunitas.

Sebut saja bagi mereka yang sudah tergabung dalam club panjat tebing atau komunitas pecinta alam di bumi gerbang salam. Mereka secara rutin kerap melakukan kegiatan di lapangan dan kawasan yang cukup menantang untuk mengasah kemampuan dan keterampilan kegiatan alam bebasnya.

Mulai dari pemanjatan tebing alam, penjelajahan hutan dan pendakian gunung, orientasi medan hingga bakti sosial dan lingkungan juga dilakukan. Hal ini menurut Wahyudi Ketua Umum FPTI Pamekasan harus didukung dan diarahkan dengan baik, agar sesuai dengan standard operasionalnya dan tidak membahayakan para pegiat alam bebas itu.

“Alhamdulillah untuk club Panjat Tebing Pamekasan dan komunitas pecinta alamnya, sudah sering latihan bersama baik secara prestasi maupun untuk sarana rekreasi,” katanya, Senin (11/10/2021).

Baginya, setiap kegiatan di alam bebas memang memiliki risiko tersendiri karena dibutuhkan pelatihan berulang oleh tim pendamping atau pelatih yang mumpuni. Sehingga standard kegiatan akan terus terngiang oleh pegiat alam bebas itu saat melakukan kegiatan secara mandiri nantinya.

“Kami selalu dampingi club Panjat Tebing Pamekasan yang berkenan untuk melakukan kegiatan alam bebas, terutama di tebing alam dan saat pendakian gunung di Jawa, tentunya dengan pendamping yang bersertifikat resmi,” ungkapnya.

Diharapkan kedepan masyarakat akan lebih mengenal olahraga alam bebas yang bisa dilakukan oleh siapapun dengan pengawasan resmi pendamping dari FPTI Pamekasan. Baik saat berkegiatan di tebing alam seperti di Mahawaru Cok Gunong Kecamatan Waru maupun di Tebing Sekaran Kecamatan Pakong.

“Insyaallah untuk peralatan olahraga Panjat Tebing dan kegiatan alam bebas sudah standard dan bisa digunakan sesuai aturan dan pengawasan tim pendamping dari kami,” tuturnya.(Yudi)

Komentar