oleh

Mantapkan Tata Kelola Data yang Baik, Diskominfo Pamekasan Gelar Bimtek Khusus

News Satu, Pamekasan, Jum’at 15 Oktober 2021- Perhitung mulai dari Rabu 13 hingga Kamis 14 Oktober 2021, pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Diskominfo (Kominfo) Kabupaten Pamekasan. Khususnya Bidang Statistik menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Metadata Indikator dan Desk kebutuhan Data berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Kabupaten Pamekasan, untuk upaya wujudkan tata kelola data yang baik.

Itu sebagaimana diharapkan dalam Sistem Satu Data Indonesia yang sudah digalakkan dari pusat hingga daerah. Karenanya, secara teknis, Bimtek ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 13-14 Oktober 2021, yang bertempat di Hotel Cahaya Berlian jl. Panglegur, Pamekasan.

Tak ayal jika bimbingan khusus itu dibuka langsung Kepala Dinas Kominfo Ir. MOHAMAD, MM. Bahkan dalam sambutannya disampaikan, peran Forum Satu Data Kabupaten yang terdiri dari Dinas Komunikasi dan Informatika (walidata) dan Badan Pusat Statistik (Pembina Data) dan BAPPEDA (Sekretariat Forum Sata) sangatlah penting dan krusial.

Semua berjalan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, masyarakat yang sangat mengerti akan Data. Sehingga semua akan akurat dan tersaji dengan baik dalam satu sinergitas pendataan dan pengelolaan yang tepat.

“Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Pasal 2, pengaturan satu data indonesia bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses,” katanya.

Bahkan juga setelah itu, bisa dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data. Serta juga bisa dengan menggunakan kode referensi dan data induk sesuai keperluan masing-masing.

Terlihat, dalam Bimtek Statistik ini diikuti oleh sejumlah ASN perwakilan dari perangkat daerah (produsen data) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Sedang, narasumber pada kegiatan ini adalah Handoyo Wijoyo, S.ST dan Marselinus Wahyu Pamungkas, S.ST yang berasal dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan.

“Bimtek diarahkan untuk kesiapan pengisian metadata indikator dan metadata variabel pada data berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Kabupaten Pamekasan sebagai produk administrasi statistik sektoral,” tukasnya.

Pembinaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan, wawasan para peserta. Selain upaya penguatan kualitas SDM dalam pengelolaan data sektoral pada Produsen Data terhadap penyelenggaraan Statistik Sektoral di Kabupaten Pamekasan.(Yudi)

Komentar