HEADLINEKESEHATANLIFE STYLENEWSPROBOLINGGOREGIONAL

Lokasi Karantina Covid 19 Di Kabupaten Probolinggo Segera Bergeser Ke Desa

173
×

Lokasi Karantina Covid 19 Di Kabupaten Probolinggo Segera Bergeser Ke Desa

Sebarkan artikel ini

News Satu, Probolinggo, Selasa 14 April 2020- Lokasi Karatina Covid 19 di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, segera Bergeser ke Desa dan Kelurahan.

Menyikapi wabah Covid 19 di wilayah Kabupaten Probolinggo, untuk pemudik yang datang ke daerah setempat diwajibkan untuk mengikuti masa karantina.

Pemkab setempat memilih desa sebagai lokasi karantina bagi para pemudik yang dari luar kota atau luar negeri. Menurut Ugas Irwanto Koordinator Gakumdu Gugus Covid 19 Kabupaten Probolinggo jawa timur, membenarkan adanya penggeseran lokasi sebelumnya memang dipilih wilayah kecamatan untuk pemudik.

“Namun saat ini kebijakan pelaksanaan karatina ada di setiap desa dan kelurahan yang ada di 24 Kecamatan,” paparnya, Selasa (14/4/2020).

Untuk Kabupaten Probolinggo jumlah Desa sebanyak 325 dan 5 Kelurahan yang tersebarbdi 24 Kecamatan. “Mulai besok Kecamatan tidak lagi menerima warga yang baru datang mudik untuk karantina,” jelas Ugas ,Selasa (14/4/2020).

Sesuai dengan keputusan pemberlakuan karantina di Desa dan Kelurahan akan di berlakukan sejak Kamis (16/4/2020). “Secara otomatis desa akan membentuk para relawan Covid 19 di setiap daerah masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Ugas mengatakan, untuk biaya atau anggaran dalam penanganan virus Corona desa melakukan penggeseran penggunaan APBdes 2020 untuk dialokasikan. “Jadi dana penanganan Covid-19 yang ada di desa diambilkan dana desa,” ujarnya

Selain itu para relawan Covid 19 yang ada di desa akan melakukan sejumlah kegiatan selain akan mengurus soal karantina bagi pemudik di desa setempat, juga akan melakukan check point setiap warga yang keluar masuk di desa setempat.

“Termasuk akan melakukan pendataan untuk warga yang sedang bekerja di luar dan direncanakan akan kembali ke desanya,” tukasnya.

Berdasarkan data pemudik yang di karatina di tingkat kecamatan di wilayah Probolinggo mencapai 477 orang. Dengan perincian Kecamatan Gending 36 orang , Dringu 14 orang,Paiton 24 orang, Gading 8 orang, Kotaanyar 42 orang, Lumbang 14 orang, Banyuanyar 33 orang, Sumberasih 13 orang, Pajarakan 16 orang,Tegalsiwalan 24 orang, Tongas 16 orang,Maron 29 orang, Krucil – 50 orang, Wonomerto 11 orang, Kraksaan 26 orang, Tiris –
43 orang, Besuk 9 orang, Leces 9 orang, Bantaran 8 orang, Krejengan 26 orang, Pakuniran 15 orang, Kuripan 9 orang, Sukapura – 0 orang, Sumber 2 orang.

“Saat ini mereka saat ini di tengah di Karatina ditingkatk Kecamatan. Tetapi terhitung sejak Kamis (16/4/2020) besok mereka akan dilakukan karatina di desa tersebut tempat tinggalnya,” imbuhnya. (Bambang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.