oleh

Tahun Baru Imlek, Warga Tionghoa Di Kota Probolinggo Hanya Melakukan Rupang

News Satu, Probolinggo, Sabtu 6 Februari- Pada tanggal 12 Februari 2021 adalah momen penting bagi warga Tionghoa untuk rayakan tahun baru imlek. Namun dimasa pandemi covid 19, warga Tionghoa di Kota Probolinggo, Jawa Timur, pada tahun baru imlek 2021 hanya lakukan ritual memandikan patung-patung dewa atau biasa di sebut Rupang.

Seperti di klenteng Tri Dharma Sumber Naga kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan kota Probolinggo, tampak di lokasi klenteng hanya pelaksanaan bersih – bersih dan pasang wewangian saja.

Erfan Sujianto, ketua II, tempat ibadat Tri Dharma Sumber Naga, Kota Probolinggo menjelaskan, Rupang merupakan patung yang menyerupai bentuk manusia dan tetap di mandikan dengan air kembang dan diberi wewangian, di klenteng ini ada 17 buah Rupang, karena dimasa pandemi covid 19, pelaksanaan sembahyang tidak di lakukan.

“Sebagai gantinya hanya lakukan pemandian Rupang, sehingga tidak ada kerumunan di lokasi peribadatan selain itu acara pagelaran wayang kulit dan wayang potehi,” katanya, Sabtu (6/2/2021).

Dia menjelaskan, Setiap jamaat yang bersembahyang di klenteng Tri Dharma Surya Naga, biasanya sekitar 500 orang, mereka umat dari aliran Budha, Tao dan Konghuchu.

“Setiap yang datang memiliki Rupang dewa sendiri dari beragam aliran, semoga kami di jauhkan dari segala mara bahaya dan terhindar dari dampak virus covid 19 ini,” pungkasnya. (Bambang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.