Event AF Drag Bike 2024 Di Sumenep Menuai Protes

News Satu, Sumenep, Minggu 12 Mei 2024- Event balap AF Drag Bike 2024 yang digelar Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang merupakan bagian dari rangkaian Calendar of Event mereka tahun ini, di Sirkuit Jokotole, Kecamatan Batuan.

Awalnya, Event ini dipandang sebagai peluang untuk menciptakan efek ganda positif bagi sektor-sektor di Kabupaten Sumenep, termasuk olahraga, ekonomi, dan pariwisata. Namun demikian, dalama pelaksanaannya, malah menuai protes.

Fauzi AS aktivis pemerhati kebijakan publik di Sumenep mengatakan, sesuai dengan surat rekomendasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) event tersebut dimulai pukul 08.00 Wib hingga 17.00 Wib. Namun, faktanya dilapangan event tersebut malah melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

“Apa karena ini eventnya Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, jadi seenaknya saja tanpa mematuhi aturan yang telah ditetapkan,” ujarnya, Minggu (12/5/2024) kepada redaksi news satu.

Lanjut Fauzi AS, event balap AF Drag Bike 2024 seharusnya mematuhi regulasi atau aturan yang telah ditetapkan. Bahkan, dalam Surat rekomendasi yang dikeluarkan IMI itu ada denda, yakni setiap kelas akan dikenakan denda Rp 1 juta jika melebihi waktu yang telah ditentukan.

Akan tetapi ini, hal ini bukan masalah kena denda atau tidak. Melainkan persoalan pelanggaran yang telah dilakukan oleh Panitia dan  Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Sumenep.

“Kalau denda mungkin bisa di bayar, tapi ini persoalan patuh atau tidaknya terhadap peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu, even tersebut juga digelar di jalan raya atau jalan umum, sehingga tidak merampas hak para pengendara,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudporapar) Sumenep, Moh Iksan mengatakan, pelaksanaan event balap AF Drag Bike 2024 memang digelar sampai malam. Hal itu dilakukan, karena waktunya tidak nutut dan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan petugas keamanan.

“Kami sudah koordinasi dengan apara keamanan, dan dibolehkan,” ujarnya melalui voice note yang dikirimkan ke redaksi news satu melalui WhatApps.

Event balap AF Drag Bike 2024 digelar di Sirkuit Jokotole, Kecamatan Batuan, Sumenep, dalam event ini menarik 505 pembalap dari tingkat lokal hingga regional, yang akan bersaing dalam tiga kategori berbeda: open, pemula, dan lokal. (Roni)

Komentar