Pemkab Sumenep Gelar Pawai Asyura, Ini Harapan Bupati Fauzi 

News Satu, Sumenep, Senin 8 Agustus 2022- Dalam rangka memperingati bulan asyura Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar pawai asyura bertempat di depan rumah dinas Bupati Sumenep, Senin, (8/8/2022).

Kegiatan pawai Asyura itu dihadiri Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep Nyi. Hj.Dewi Khalifah, Sekda Sumenep, Forkompinda, Pimpinan OPD.

Kepala Bagian Kesra Setkab Sumenep, Kamiludin mengatakan, rangkaian perayaan Asyura dimulai sejak kemarin dengan pembacaan Kathmir Quran menjelang Tahun Baru Hijriah pada tanggal 28 Juli 2022.

“Malam ini dilanjutkan dengan pawai Asyura yang melibatkan 250 orang dan 10 institusi pendidikan dari Kabupaten Kota,” katanya.

Kamil panggilan akrabnya, lebih lanjut menjelaskan bahwa tujuan Syukuran Asyura adalah untuk merenungkan semua kesalahan dan untuk mengingat peristiwa sejarah ketika Nabyullah Muhammad pindah ke Madinah 14 abad yang lalu dan dianggap sebagai awal dari kalender Islam.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati suatu peristiwa bersejarah bagi umat Islam pada hari Asyura atau 10 Muharram agar mereka dapat dimuliakan dan dimuliakan dengan perbuatan baik dan amal mereka,” jelasnya.

Sementara, Bupati Sumenep Ahmad Fauzi dalam sambutannya, saat melepas pemberangkatan pawai asyura menghimbau kepada masyarakat Kota Keris untuk meningkatkan ketakwaan sosial dan ketaqwaan kepada Sang Pencipta dalam kehidupan sehari-hari.

“Selama dua tahun kegiatan aktifitas sosial keagamaan penuh keterbatasan, kegiatan ini awal bagaimana mencoba membuka kegiatan-kegiatan sosial yang menyedot masyarakat banyak” ucap Bupati Fauzi.

Lebih lanjut Bupati Fauzi berharap, meskipun saat ini kegiatan-kegiatan sedikit dilonggarkan, masyarakat diharapkan agar tetap menjaga kesehatan, dan tidak menyepelekan keberadaan Covid-19.

“Meskipun saat ini sudah mulai membaik akan tetapi Covid-19 masih ada,” pungkasnya. (Zalwi) 

Komentar