UMKM Di Sumenep Ekspor Rumput Laut Sargassum Ke Cina

News Satu, Sumenep, Kamis 1 September 2022- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengirim atau Ekspor rumput laut sargassum kering ke Cina sebanyak 240 ton.

Kepala Dinas Koperasi dan Perindag, Ainur Rasyid mengatakan, Pengiriman atau ekspor rumput laut sargassum kering yang dilakukan PT Setera’ Ebumi Sumekar, Kecamatan Batang-batang, merupakan ekspor perdana. Dengan adanya ekspor perdana ini, menandakan bahwa UMKM binaan Dinas Keperasi dan Perindag sudah mampu merambah ke Pasar Internasional.

“Kami dari Pemeritah Daerah sangat mengapresiasi, dan akan terus mendorong UMKM untuk mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Sumenep,” katanya, Kamis (1/9/2022).

Selain itu, lanjut Ainur Rasyid, pihaknya sangat mengapresiasi PT Setera’ Ebumi Sumekar yang peka dan jeli memanfaatkan peluang serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Melihat peluang pasar internasional itu penting. Karena dengan produk yang bisa tembus pasar internasional akan berdampak luas, bisa menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak dan masyarakat bisa menjadi pemasok bahan bakunya,” ucapnya.

Sebagai pembina UMKM akan terus membantu sarana yang dibutuhkan. Tidak hanya bagi PT Setera’ Ebumi Sumekar namun juga kepada pelaku usaha lain agar terus berkembang. Agar semua pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep terakomodir pihaknya mengarahkan pembentukan koperasi.

“Sargassum adalah salah satu hasil laut yang bisa dimanfaatkan oleh masyatakat. Kita apresiasi terobosan dari Pak Heri Siswanto ini setelah sebelumnya ekspor daun kelor sekarang sargassum. Selain itu, kami siap mendukung aktifitas yang dikakukan terutama tentang sarana apa yang dibutuhkan. Kita akan usulkan di APBD Perubahan di 2022 atau nanti di APBD 2022,” tandasnya.

Komentar