Pemkab Pamekasan Hadirkan Layanan Mudik Aman dan Sehat PCC

News Satu, Pamekasan, Sabtu 30 April 2022- Sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan pada masyarakat yang akan mudik, pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur melalui layanan Pamekasan Call Care atau PCC beri pelayanan kesehatan. Secara berkala mereka akan siaga dan berpatroli bersama armada yang standard di beberapa titik bumi gerbang salam nantinya.

Sesuai jadwal menurut Amir Chamdani, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinkes Kabupaten Pamekasan mengatakan sudah ada beberapa titik patroli dan waktu tertentu yang ditetapkan. Itu sebagai bentuk pelayanan ekstra pihak PCC untuk para pemudik agar aman dan sehat ketika melintas di bumi gerbang salam nanti.

“Yakni di jalur arteri Tlanakan Ambat, larangan Talang Siring, Jalur Ceguk Dasok, Bugih Palduding dan Pintu Gerbang Proppo serta Arek Lancor Pasar Pao. Itu dilakukan sesuai jadwal hari dan waktu dari pukul 08.00 hingga 22.00 wib,” ujarnya, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga :  Pemuda APU Sumenep Gelar Nobar Film G30S PKI

Nah, terkait dengan operasional dan kekuatan tenaga yang dibutuhkan. Pihaknya sudah siapkan setidaknya delapan personil yang terbagi dalam tiga shift dan setiap shift terdiri dua personil agar optimal dalam menangani kasus di lapangan.

“Layanan taktis yang bisa dilakukan, diantaranya layanan prahospital dalam kasus kegawatdaruratan maupun non gawat darurat,” ungkapnya.

Karenanya, setiap melakukan tugas, para Petugas melakukan road trip pada area rawan kecelakaan lalu lintas. Tak ayal dalam melakukan patroli mereka menggunakan ambulance yang dilengkapi dengan peralatan emergency. Dan petugas juga melakukan sosialisasi pada warga sekitar untuk menghubungi nomor layanan PCC apabila ada kejadian gawat darurat.

“Tujuannya, mengurangi angka kecacatan dan kematian akibat kegawatdaruratan medis serta memberikan perlindungan yang aman dan sehat bagi para pelaku perjalanan mudik lebaran,” tandasnya.

Baca Juga :  Suka Duka Sang Operator Excavator TMMD Kodim 0402 OKI

Dengan semua konsep pelayan tersebut, diharapkan dengan adanya program layanan patroli Ambulance Gawat Darurat menjadi respons cepat pemerintah daerah untuk kesehatan pemudik di jalan raya. Bahkan, pelaku perjalanan, dalam mudik lebaran yang mengalami masalah kesehatan baik dengan kasus gawat darurat maupun non gawat darurat dapat segera tertangani oleh tim medis di lokasi.(Yudi)

Komentar