Wali Kota Probolinggo Kukuhkan Puluhan Guru Penggerak

News Satu, Probolinggo, Kamis 15 Juni 2023- Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, Hadi Zainal Abidin mengukuhkan puluhan Guru Penggerak di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Puri Manggala Bhakti.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan bahwa sosok seorang guru merupakan garda paling depan di dunia pendidikan.

“Guru ini merupakan garda terdepan di dunia pendidikan,” katanya, Kamis (15/6/2023).

Lanjut Wali Kota Probolinggo, puluhan guru penggerak ini bertujuan untuk membentuk tenaga pendidik agar menjadi pemimpin pembelajaran.

“Guru penggerak haruslah mampu  mengimplementasikan pembelajaran agar menjadi agen transpornasi ekosistem pendidikan di Kota Probolinggo,” tegasnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Siti Romla, mengatakan bahwa terdapat puluhan Guru Penggerak saat ini yang dikukuhkan.

“Mereka itu terdiri dari guru TK/SD dan SMP yang ada di Kota Probolinggo dan puluhan guru penggerak ini merupakan angkatan ke 6 yang dinyatakan lulus dalam seleksi,” tandasnya.

Dengan adanya pengukuhan ini para guru penggerak ini harus mampu melakukan inovasi agar dunia pendidikan di Kota Probolinggo semakin berkembang.

“Ini baru pertama kali adanya pengukuhan Guru penggerak, sedangkan sebelumnya tidak ada, ” imbuhnya.

Sejumlah 49 guru penggerak nantinya diharapkan menjadi pemimpin pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Dalam kurikulum terbaru ini, pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan memperhatikan potensi mereka.

“Kurikulum merdeka tidak hanya ceramah ya, tapi (dalam) pembelajarannya, siswa yang aktif sedangkan guru menjadi fasilitator. Nah seorang guru penggerak ini harus pandai. Bagaimana caranya siswa (bisa) aktif. Nah ini juga ada webinar ya, kita sebarkan ilmu yang mereka dapat kepada guru-guru lainnya. Seperti inovasi pembelajaran dan ilmu manajerial, jadi diharapkan mereka ini bisa men-support sekolahnya,” pungkasnya. (Bambang)

Komentar