Pangdam V/Brawijaya Tinjau Kesiapan Pasukan dan Alutsista Menjelang WWF

News Satu, Banyuwangi, Rabu 15 Mei 2024- Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya, melakukan peninjauan kesiapan personel dan peralatan militer dalam rangka menyambut konferensi tingkat tinggi World Water Forum ke-10 (WWF) yang akan diselenggarakan di Bali.

Peninjauan dilakukan melalui apel gelar pasukan di Pelabuhan Tanjung Wangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang dihadiri oleh petugas gabungan dari berbagai instansi terkait pada Rabu (15/05/2024).

Menurut Mayjen TNI Rafael, pelaksanaan WWF ke-10 di Bali memerlukan pengamanan ketat, terutama di Banyuwangi yang menjadi salah satu objek vital dalam acara tersebut.

“Dalam WWF ini, kita tidak hanya menyambut ribuan delegasi dari 172 negara, termasuk 43 pimpinan negara besar, tetapi juga menegaskan peran strategis Banyuwangi sebagai bagian dari jalur masuk penting ke Bali,” ungkap Mayjen TNI Rafael, Rabu (15/5/2024).

Pangdam menekankan bahwa Jawa Timur, sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Bali, memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung. Oleh karena itu, apel gabungan ini menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan kelancaran pelaksanaan WWF ke-10.

“Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Jawa Timur akan mengintensifkan pengawasan di titik-titik vital seperti Pelabuhan penyeberangan, bandara, dan pembangkit listrik,” tambah Pangdam, menegaskan komitmen untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama acara tersebut berlangsung.

Dengan peningkatan kewaspadaan dan koordinasi yang baik antara berbagai instansi terkait, diharapkan bahwa WWF ke-10 di Bali dapat berjalan lancar dan sukses, memberikan kontribusi yang positif bagi upaya pelestarian sumber daya air dan lingkungan global. (Ugi)

Komentar