oleh

Covid-19 Di Kota Batu, Satu Orang Positif Dan 468 ODR

News Satu, Kota Batu, Senin 30 Maret 2020- Peta sebaran virus Corona  atau Covid-19, data  di Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19  kota Batu mengalami pertumbuhan yang mengkuatirkan, Hingga Sabtu (28/3/2020) sudah terdapat  468 Orang Dengan Resiko (ODR) dan Satu Pasien terkonfirmasi  positif covid-19.

Peta sebaran  covid-19 Kota Batu di tiga kecamatan Junrejo, Batu dan Bumiaji, update 27 Maret 2020, jumlah ODR sebanyak 441 orang, dan Orang Dalam pemantauan (ODP) sebanyak 67 orang, Kini dalam satu kali 24 jam mengalami kenaikan, ODR  dari 441 menjadi 468 dan ODP  dari menjadi 69. dan satu orang terkonfirmasi positif.

Petugas Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, Agung Sedayu membenarkan jika di Kota Batu ada satu orang yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, pasien tersebut sudah ditangani Dinas Kesehatan Kota Batu.

“Ada satu pasien asal Kota Batu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Data ada di Dinkes dan sesuai dengan kode etik, data pasien masih dirahasiakan. Tentunya pasien bersangkutan sudah ditangani pihak rumah sakit sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Agung Sedayu saat dikonfirmasi, Senin (30/3/2020)

Ia juga belum bisa menjelaskan secara detail riwayat  pasien yang positif Covid-19, asal tertular dari mana alamat dan tempat yang ia kunjungi selama 14 hari terakhir.

Sementara itu Wakil ketua Satuan tugas (Satgas) Penanggulangan bencana Non Alam dan Penanganan percepatan Covid-19 meminta kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap tenang dan waspada.

“Penderita Corona bukanlan aib, banyak stigma muncul, bahkan pada orang yang baru datang dari luar kota maupun mengalami gejala seperti batuk maupun pilek” ungkap Punjul Santoso yang juga wakil walikota Batu ini.

Menurutnya, kurangi kepanikan dan kekhawatiranberlebihan “kita perangi stikma tersebut, kita bangun solidaritas, saatnya peduli dan saling mendukung. itulah kota Batu itulah Indonesia” jelasnya.

Sementara Berdasarkan update per 27 Maret 2020, sebaran pasien positif Covid-19 di Malang Raya, yakni Kota Malang berjumlah 3 orang, Kabupaten Malang 5 orang, dan Kota Batu 1 orang terkonfirmasi Positif Covid 19. (Wiyono)

Komentar