oleh

Begini Pesan Medikbud di Hardiknas 2019 yang Dibacakan di Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Kamis 2 Mei 2019- Peringatan Hardiknas 2019 yang digelar di halaman Pendopo Nagara Ronggosukowati Pamekasan pada Kamis (2/5/2019) mengambil “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Tema tersebut merupakan pesan penting dari Pahlawan Nasional, yakni Ki Hajar Dewantara yang memiliki keterkaitan dalam menciptakan pendidikan sekaligus kebudayaan yang ekosistem dengan syarat nilai pendidikan dan pengalaman yang nantinya akan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas guna mewujudkan Indonesia yang maju.

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan Baddrut Taman melalui Asisten Pemkab Pamekasan Moh Alwi yang membacakan pidato Mendikbud, Muhajir Efendy menyampaikan, sebagai warga Indonesia hususnya warga Pamekasan harus bersyukur, karena keberhasilan melewati tahap puncak Pesta Demokrasi serentak (Pemilu) 17 April 2019 yang lalu.

“Dari sudut pandang pendidikan kita bisa melihat di dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu merupakan proses pembelajaran bagi setiap warga negara sekaligus sebagai proses belajar akan hakekatnya terjadinya perubahan tingkah laku yang menuju kedewesaan,” tutur Alwi.

Alwi menambahkan, pasca pelaksanaan Pemilu selalu meninggalkan akan jejak-jejak perpecahan, dan hal itu merupakan kontestasi untuk bertanggung jawab yang harus dipertaruhkan. “Selain itu, kita selalu menjaga aset bangsa yang tak ternilai harganya, semisal semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan,” ucapnya.

Dan, selama kepemimpinan Presiden Jokowi-Yusuf Kala selama masa empat tahun lebih difokuskan pada infrastruktur pembangunan dan prasarana. Baik itu infrastruktur prasaran transportasi, komunikasi, pengairan dalam memenuhi kebutuhan air dan irigasi. Dan infrastruktur itu merupakan prasyarat menjadikan negara maju.

“Dengan terbangunnya infrastruktur tersebut akan terbangunnya infrastruktur yang konektivitasnya di seluruh wilayah Indonesia,” tambahnya.

Selanjutnya, atas nama pemerintah, Alwi menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan diseluruh penjuru negeri terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang baik itu di pegiat PAUD, Literasi, para Tokoh Agama, wartawan dan kontributor pendidikan lainnya.

“Mereka adalah yang tak kenal lelah menyalakan mimpi memberikan inspirasi sekaligus membuka jalan terang masa depan anak Indonesia untuk menjadi manusia cerdas berkarakter kuat,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan mengatakan, Moh. Tarsun mengatakan, himbauan dari Kemendikbud suatu hal yang positif dimana pihaknya ingin meningkatkan mutu pendidikan mulai dari perbaikan sarana dan prasarana pendidikan.

“Dan jika Pemkab Pamekasan mengarahkan sektor pendidikan ke arah yang positif sebagaimana himbauan Bupati Pamekasan yang menekankan pada pembiasan keagamaan yang bernuansakan Indonesia. Dari itu, semua upaya itu telah kami lakukan untuk pendidikan di Pamekasan,” tandas Tarsun. (Sella)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.