oleh

Semua PMI Dikarantina Lagi Oleh Tim Satgas Covid-19 Pamekasan

News Satu, Pamekasan, Selasa 4 Mei 2021- Satgas covid-19 Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang terdiri dari BPBD dan TNI/Polri bersama Dinas kesehatan, Dinas Perhubungan dan Tagana sudah menerapkan prosedur Karantina. Kali ini mereka melakukan karantina bagi para Pekerja Imigrasi Indonesia (PMI) yang baru tiba di bumi gerbang salam, sejak Sabtu sore hingga Selasa (4/5/2021).

Selain itu, tim gabungan telah melakukan proses standard dalam penanganan PMI yang baru tiba. Yakni, awalnya melaksanakan pendataan, pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan terhadap barang bawaan, di pelataran Gedung Islamic Center, Jalan Raya Panglegur, Kecamatan Tlanakan Pamekasan.

“Kami sudah mempersiapkan teknis penyambutan kedatangan pekerja imigran indonesia (PMI) yang tiba di Pamekasan. Tentu, dengan penanganan protokol kesehatan covid-19 sejak Jumat malam. Bahkan sudah ada tambahan kedatangan PMI lagi pada Senin Siang kemarin,” terang, Budi Cahyono, Supervisor Pusdalops BPBD Setempat.

Menurutnya, PMI yang tiba Senin petang di Pamekasan hingga saat ini sudah ada sebanyak 54 orang. Kemudian setelah langkah awal, sesuai prosedur akan dilakukan karantina selama 2 hari di pusat karantina PMI yang ditempatkan di Gedung itu.

“Semua sudah dilakukan uji swab di Surabaya saat menjalani karantina selama 2 hari di Asrama Haji Sukolilo. Selanjutnya dijemput dan dilakukan karantina lagi di Pamekasan ini,” tandasnya.

Memang sebelumnya sebagai bentuk antisipasi kepulangan PMI Jelang lebaran ini, Pemkab melalui BPBD setempat, bersinergi dengan personil gabungan lainnya mendirikan tenda posko. Bahkan, juga secara teknis serta medis juga telah mempersiapkan beberapa perlengkapan pendukung lainnya, seperti ambulance dan tim medis.

Sedangkan untuk keperluan buka puasa dan sahur petugas bersama PMI yang sedang menjalani karantina sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Sehingga diharapkan meski sedang menjalani masa karantina, mereka tetap bisa beribadah puasa ramadhan sebagaimana mestinya.

“Personil yang terlibat dalam kegiatan kedatangan PMI ini meliputi, TRC BPBD sebanyak 3 personil, Agen BPBD Jatim 1 personil, dari Kodim 6 personil, Polres 6 personil, Dishub 5 personil, Tagana 4 personil dan Dinkes Pamekasan,” pungkasnya. (Yudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.