WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Ciptakan Furniture Berkualitas

News Satu, Pamekasan, Jum’at 26 November 2021- Tak henti-hentinya Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim berinovasi. Setelah sebelumnya berhasil membuat dan memasarkan Backdrop, kini WBP melalui Balai Latihan Kerja Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan mulai merambah ciptaan Furniture yang apik dan berkualitas.

Tentu, dengan begitu diharapkan kerajinan ini dapat bersaing dipasaran lokal. Dan diterima pasaranan yang lebih luas lainnya di wilayah luar daerah Madura ke depannya

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman, melalui Kasubsi sarana kerja Lapas Narkotika Kelas IIA, Ridwanul Hakim, mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya memberdayakan para WBP dalam suatu kegiatan kemandirian. Yakni terutama bagi WBP yang mempunyai skill, serta keterampilan dalam bidang perkayuan yang digarap dengan halus dan bernilai ekonomi tinggi.

“Melalui kegiatan seperti ini juga bisa terpantau bahwa banyak WBP yang memiliki skill dalam membuat berbagai macam produk kerajinan, serta hasil yang didapatkan juga dikategorikan cukup baik dan mempunyai nilai jual,” ujarnya, Jum’at (26/11/2021).

Untuk kali ini, pihaknya bersama segenap WBP sedang mengerjakan pesanan meja komputer bahan multipleks dengan kualitas terbaik. Dia berharap kedepannya dapat lebih banyak lagi memberikan produk-produk unggulan yang dapat bersaing dipasaran lokal maupun pasaran luar daerah Madura.

Disamping itu, Kasubsi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Andris Sugiarto, mengatakan, WBP yang akan mengikuti program pembinaan keterampilan wajib dilakukan asessment terlebih dahulu. Nah, kemudian semua akan dinilai dari kelakuan WBP dalam kesehariannya, kemudian ditinjau dari vonis pidananya.

“Jika semuanya cukup syarat mereka baru kita pekerjakan, jadi tidak serta merta langsung dipekerjakan,” tukasnya.

Sekedar diketahui, selamanya ini memang Lapas Narkoba di Bumi Gerbang Salam ini terus berinovasi tanpa henti untuk memanusian para WBP di berbagai bidang. Mulai dari pembinaan pendidikan agama, Pembinaan keterampilan hingga Pembinaan kewirausahaan sesuai minat dan bakat yang dimiliki masing-masing.(Yudi)

Komentar