oleh

Gunakan Alat Berat, Walikota Batu Tanam Satu Nama Satu Pohon

News Satu, Kota Batu, Sabtu 10 Oktober 2020- Walikota Batu, Jawa Timur, Dewanti Rumpoko berhasil menaman satu pohon besar jenis Sepatu Dea  setinggi 6 meter dan berdiameter 40 centimeter di jalan protokol kawasan Jalan Panglima Sudirman Kota Batu Jawa Timur, Sabtu (17/10/2020) Siang dalam acara Gerakan tanam  satu nama satu pohon.

Penanaman pohon yang dilakukan oleh orang nomor satu di kota Batu ini bukan seperti yang dilakukan banyak orang, menggunakan cangkul atau cetok,  tapi Dewanti Rumpoko menggunakan alat berat dengan tractor loader untuk menimbun tanahnya, uniknya lagi disaksikan Walikota Malang Sutiaji bersama Forkompinda Kota Batu .

Gerakan penanaman pohon dilakukan massal serentak diseluruh sudut Kota Batu dibanyak titik itu dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-19 Kota Batu yang jatuh pada hari ini, Sabtu (17/10/2020). Walikota bersama Forkopimda menanam pohon di tepi jalan Panglima Sudirman yang berjarak 100 meter dari Balai Kota Among Tani.

“Kota Batu selain hulunya Sungai Brantas , Kota Batu ini memiliki banyak sumber air yang menghidupi kota kota lain yang ada disekitarnya, untuk itu kami ingin menjaga agar sumber air ini tetap bisa menghidupi sepanjang masa,”ujar Dewanti.

Antara lain, kata Dewanti dengan menanam banyak pohon agar air bisa disimpan didalam tanah, karena itu Pemkot Batu menggerakkan seluruh masyarakat Kota Batu untuk menanam pohon dengan satu nama satu pohon agar mata air bisa terjaga dengan baik.

“Jumlah yang ditanam warga tidak terbatas, kita siapkan 15 ribu pohon agar semua masyarakat kota Batu bisa menanam,” ujar Dewanti.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji mengucapkan selamat atas ulang tahun Kota Batu yang ke 19, semoga sukses.

“Atas nama Pemkot Malang kami mengucapkan selamat ulang tahun Kota Batu yang ke 19.  Angka 19 keramat , angka 1 nya bagus, 9 bagus, kalau angkanya dijumlah angkanya tetap bagus. Sukses Kota Batu,” tandasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Batu Aris Setiawan menambahkannya, jika gerakan satu nama satu pohon ini oleh DLH sudah gencar dilakukan hari berbagai titik, terutama dititik sumber mata air dan dilaha-lahan yang gundul.

“Pengaman pohon satu nama satu pohon sudah kami lakukan, termasuk di jalur-jalur hijau ruas jalan di kota Batu” katanya.

Menurutnya, pelestarian lingkungan di kota Batu sangat penting, karena merupakan hulu sungai Brantas yang mengalir melintas di 15 kota dan kabupaten di Jawa Timur. (Wiyono/ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.