Semarak, 20 Finalis Duta GenRe Kota Batu 2022

News Satu, Batu, Kamis 7 April 2022- Dari ratusan pelajar dari berbagai sekolah di kota Batu, 20 di antaranya terpilih sebagai finalis dan akan bersaing di grand final pada 27 Mei 2022, dalam Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) kota Batu 2022, yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu.

Pembukaan rangkaian Pemilihan Duta GenRe Kota Batu 2022 diselenggarakan di Ruang Rapat DWP, Rumah Dinas Walikota Batu, Kamis (7/4/2022).

Kepala Dinas DP3AP2TKB Kota Batu, MD Furqon mengatakan, Pemilihan Duta GenRe saat ini sudah terpilih 20 Finalis dari perwakilan sekolah se-Kota Batu. Setelah melalui technical meeting dan 2 seleksi yang diselenggarakan sebelumnya.

“Duta Genre akan mengembangkan advokasi di desa pada 8-30 Maret, setelah itu karantina pada 15-20 Mei. Selanjutnya, Grand Final pemilihan akan diselenggarakan pada 27 Mei 2022” ungkap MD Furqon.

Menurutnya pemilihan duta GenRe adalah ajang mencari bakat dan minat para remaja dalam mendukung program Bangga Kencana melalui Program GenRe dan Pelayanan Informasi dan Konseling Remaja (PIKR).

“GenRe adalah suatu program dari singkatan Generasi yang Punya Rencana. Program itu diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN),” terangnya.

Tujuan dari diadakannya Pemilihan Duta GenRe ini, kata dia, adalah untuk meningkatkan kualitas pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial bagi remaja.

Lanjutnya, Duta GenRe memegang peran penting untuk mensosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya.

Selanjutnya, Ketua Pokja 1 PKK dan Kepala Puspaga kota Batu, Yumei Astuti menyampaikan bahwa Pembangunan keluarga yang baik akan membentuk keluarga yang kuat dan sehat. Melalui Duta GenRe disiapkan remaja yang berencana.

“Duta GenRe juga merupakan figur motivator bagi teman sebayanya agar mereka dapat menjadi remaja yang penuh perencanaan dan tentunya terhindar dari permasalahan -permasalahan remaja,” pungkasnya. (Wiyono) 

Komentar