oleh

Anggota Dewan Fraksi Demokrat Jatim Serahkan Ribuan Vaksin Ke Pemda Bondowoso

News satu, Bondowoso, Kamis 14 Oktober 2021- Anggota DPRD Jatim Fraksi Demokrat, Agung Mulyono memberikan bantuan 3.000 dosis vaksin, kepada pemerintah daerah (Pemda).

Bantuan vaksin tersebut sebagai instrumen mencapai herd immunity masyarakat. Karena capaian vaksin Covid-19 Kabupaten Bondowoso masih rendah. Akibatnya PPKM-nya masih ada di level 3. Vaksin tersebut diserahkan langsung oleh Agung Mulyono kepada Bupati Bondowoso, di peringgitan pendapa bupati, Kamis (14/10/2021).

Bupati Bondowoso, Drs Salwa Arifin menyambut baik penyerahan vaksin tersebut. Menurutnya ada tambahan 3.000 dosis sinovac yang diberikan.

“Alhamdulillah, ada tambahan vaksin. Karena di Bondowoso kurang vaksin, nantinya kami akan minta lagi tambahan ke Provinsi,” tuturnya.

Sementara Agung Mulyono menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk membantu pemerintah Daerah Bondowoso masih butuh banyak intervensi dosis vaksin Covid-19. Karena capaian vaksinasi di Bondowoso masih rendah.

“Kami upayakan untuk minta lagi ke Provinsi Jawa Timur, surat sudah masuk ke Gubernur. Kita tinggal ngawal,” ungkapnya.

Agung mengatakan, Bondowoso selain karena masuk daerah pemilihannya, serta Bupati juga meminta tambahan. Kita upayakan tambahan.

“Karena level 3 di Bondowoso kaitannya dengan cakupan vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, se-Jawa Timur cakupan dosis satu baru 54 pesen. Target 31 juta baru sekitar 17 juta. Sementara vaksin kedua baru 17 persen.

“Makanya kalau di bawah 50 masih Level 3. Outputnya ya segera mencapai herd immunity. Kalau gencar, levelny menurun herd immunity-nya tercapai,” paparnya.

Pihaknya berharap warga di Bondowoso tidak perlu percaya hoaks yang menyebutkan bahwa vaksin itu mematikan.

“Alhamdulillah Covid-19 sudah turun. Sebentar lagi ada natal dan tahun baru kalau tidak divaksin dan tak mematuhi Prokes berbahaya,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Mohammad Imron mengatakan, per Rabu 13 Oktober kemarin, capaian vaksin dosis satu sudah mencapai 33,58 persen.

“Kalau kita bisa menyuntikkan vaksin Covid-19 10.000 ke atas setiap hari maka akan ada kenaikan dua persen per hari,” paparnya.

Pihaknya menargetkan capaian vaksinasi Covid-19 sudah tinggi sebelum pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak pada November mendatang.

“Alhamdulillah sudah dibantu pak Agung. Semoga bisa mencapai 50 persen sebelum Pilkades serentak,” paparnya.

Adapun stok vaksin Covid-19 per Rabu kemarin mencapai 41.000 dosis. “Dan ini sudah ada tambahan 3.000 lagi,” imbuhnya.

Selain di Bondowoso, Anggota DPRD Jatim, Agung Mulyono juga menyerahkan bantuan Vaksin Covid-19 ke Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi.(Rokib)

Komentar