Pemudik Dihimbau Tidak Gunakan Roda Dua Saat Mudik Lebaran

News Satu, Jakarta, Selasa 28 Maret 2023- Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri menghimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor saat mudik lebaran. Sebab, terjadinya kecelakaan lalu lintas selama tren mudik lebaran didominasi oleh kendaraan roda dua.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Aan Suhanan mengatakan, bahwa dari 100% pemudik, 78% di antara kecelakaan lalu lintas yang terjadi adalah pengendara motor.

“Jadi kami imbau untuk masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua saat mudik lebaran,” katanya, Selasa (28/3/2023).

Lanjut Brigjen. Pol. Aan Suhanan, jarak pengendara sepeda motor menuju kampung halaman membuat kelelahan dan mengganggu konsentrasi.

“Contohnya, jika seseorang mudik dengan sepeda motor yang jaraknya memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam, ini akan mengakibatkan kelelahan,” pungkasnya.

Sementara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan menyiapkan kendaraan angkutan bagi motor ke sejumlah kota tujuan. Dengan demikian, pemudik tidak langsung menumpangi kendaraan roda duanya untuk sampai di kampung halaman. (Den)

Komentar