News Satu, Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis 11 Juli 2019- Posisi strategis Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang banyak dilalui proyek nasional harus mampu dimanfaatkan oleh pemerintah daerah (Pemda) dan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Untuk itu, Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar SE menginginkan agar rest area (tempat istirahat) yang tersedia di Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) ruas Pematang Panggang-Kayuagung-Palembang diisi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal asli dari Ogan Komering Ilir.

“Saya ingin produk UMKM dan usaha lokal OKI ini padati rest area tol, karena ini benefit kita untuk memajukan daerah,” kata Iskandar saat menghadiri peringatan Hari Gerak PKK dan Pencanangan Bulan Gotong-Royong di halaman GOR Perahu Kajang Kayuagung, Kamis (11/7/2019).

Menurut Iskandar, peluang ini bila dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM asli OKI, maka ekonomi yang ada di daerah ini semakin berkembang.

“Kita harus tangkap peluang itu, produk UMKM lokal potensial, akan kita berikan pendampingan agar penuhi kriteria,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Iskandar, dengan adanya ruang bagi pelaku usaha di OKI, maka akan membuka investasi dan banyak produk asli OKI yang bisa dijual, bahkan dibawa untuk oleh-oleh. Oleh karena itu, TP PKK OKI dan dinas terkait untuk memberikan pendampingan agar UMKM yang ada di OKI mampu memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditentukan dan layak untuk dipasarkan di rest area.

Lebih lanjut Iskandar menjelaskan, tol trans Sumatera ruas Pematang Panggang-Kayuagung sepanjang 77 KM dan tol Kayuagung-Palembang sepanjang 33,5 KM diperkirakan akan operasional akhir tahun ini. Selain tol, OKI juga akan dilintasi jalur kereta batubara sepanjang 3,6 KM.

“Proyek-proyek strategis yang akan beroperasi ini diharapkan mampu memberi dampak ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat OKI,” pungkas Iskandar. (Hasan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.