HEADLINEKPUNEWSNEWS SATUOGAN KOMERING ILIRPOLITIKREGIONAL

Pilkada OKI 2024, Si Tikar Merupakan Maskot Yang Mewakili Budaya Lokal

852
×

Pilkada OKI 2024, Si Tikar Merupakan Maskot Yang Mewakili Budaya Lokal

Sebarkan artikel ini
Pilkada OKI 2024, Si Tikar Merupakan Maskot Yang Mewakili Budaya Lokal
Pilkada OKI 2024, Si Tikar Merupakan Maskot Yang Mewakili Budaya Lokal

News Satu, Ogan Komering Ilir, Minggu 16 Juni 2024- Dalam sebuah acara yang penuh dengan antusiasme dan semangat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) secara resmi meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKI untuk tahun 2024.

Acara ini juga ditandai dengan pengenalan maskot pemilu yang diberi nama Si Tikar, sebuah simbol yang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Si Tikar, maskot resmi Pemilu Kabupaten OKI 2024, bukan sekadar ikon biasa. Maskot ini dipilih dengan tujuan khusus untuk merepresentasikan budaya dan kearifan lokal masyarakat Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI. Tikar, yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat, menjadi simbol kebersamaan, kehangatan, dan kerjasama.

“Pengenalan Si Tikar sebagai maskot Pemilu bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai alat edukasi penting bagi semua lapisan masyarakat, terutama pemilih pemula. Kami ingin mendorong mereka untuk berperan aktif dan menggunakan hak suaranya pada Pilkada nanti,” ujar Pj Bupati OKI, Ir. Asmar Wijaya, M.Si, Minggu (16/6/2024).

Asmar menegaskan bahwa peluncuran ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada. ”

Harapan kita adalah agar partisipasi masyarakat tidak hanya meningkat dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, tetapi juga agar kesadaran politik mereka semakin cerdas dan bermartabat. Ini penting untuk memastikan bahwa kualitas pemilihan di Kabupaten OKI dapat terjaga,” tambahnya.

Sementara, Ketua KPU OKI, Muhammad Irsyan, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan peluncuran ini merupakan bagian dari tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilihan kepala daerah serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKI Tahun 2024 ini adalah kegiatan berskala nasional yang menjadi bagian dari persiapan menuju pemungutan suara,” ujar Irsyan.

Irsyan juga menekankan pentingnya koordinasi dan komunikasi yang baik di antara semua penyelenggara pemilu untuk memastikan suksesnya pelaksanaan Pilkada.

“Kami berharap semua penyelenggara dapat saling berkoordinasi dan berkomunikasi sesuai dengan aturan yang ada. Apa yang nantinya dipilih oleh masyarakat adalah hasil terbaik yang akan memimpin Kabupaten Ogan Komering Ilir. Mari kita menjaga kekompakan, menjunjung tinggi integritas, serta menguatkan mental dan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas,” tegasnya.

Dengan diluncurkannya Si Tikar sebagai maskot dan dimulainya tahapan Pemilu 2024, harapan besar disematkan pada keberhasilan Pilkada di Kabupaten OKI. Masyarakat diharapkan tidak hanya menjadi partisipan, tetapi juga menjadi bagian dari proses demokrasi yang lebih luas, yang mencakup pendidikan politik dan peningkatan kesadaran akan pentingnya peran setiap individu dalam menentukan masa depan daerah mereka.

Asmar dan Irsyan sama-sama mengajak masyarakat untuk menjaga ketenangan, keamanan, dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

“Dengan semangat kebersamaan dan kerjasama, kita bisa memastikan bahwa Pilkada berjalan dengan aman dan lancar, serta menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih oleh dan untuk masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir,” tutup Irsyan.

Dengan demikian, peluncuran Pemilu Kabupaten OKI 2024 dan pengenalan Si Tikar diharapkan menjadi tonggak penting dalam perjalanan demokrasi daerah, yang tidak hanya meningkatkan partisipasi tetapi juga membawa kesadaran politik yang lebih baik dan berkelanjutan. (Hasan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.