oleh

Deteksi Dini dari Barang Terlarang di Lorong dan Tembok, Lapas Narkotika Pamekasan Kerahkan Tim K-9

News Satu, Pamekasan, Jum’at 8 Oktober 2021- Deteksi Dini Cegah Gangguan Kamtib, pihak KPLP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Jawa timur lakukan kontrol ketat. Bahkan juga pengecekan rutin Branggang Bersama Tim Unit K-9 atau Anjing Pelacak.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan Sohibur Rachman melalui Kepala Pengamanan Lapas, Basuki Raharjo dan Staf KPLP secara rutin melakukan kegiatan tindaklanjut dan langkah percepatan deteksi dini bersama Unit K-9. Ya, Tim berjaga dan inspeksi bersama seekor anjing pintar yang disebut Ayu Tink-Tink.

Mereka dengan seksama melakukan Kontrol dan Pengecekan Branggang Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pengamanan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Basuki Raharjo.

Pasalnya, kegiatan ini dilakukan untuk antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban. Semua sesuai dengan Arahan Dirjen PAS, salah satu dari tiga kunci Pemasyarakatan Maju adalah deteksi dini.

“Kami Jajaran Pengamanan rutin melakukan kegiatan Deteksi dini, tetap waspada dalam tugas bertugas, baik melalui Peningkatan intensitas Kontrol Blok Hunian dalam mengecek kondisi fisik bangunan baik dinding Kamar, teralis besi, branggang setiap blok, dan juga mengisi buku laporan sesuai tugasnyaā€¯ tegas Basuki, Jum’at (8/10/2021).

Lebih lanjut, Basuki menyampaikan, kegiatan kali ini sesuai arahan Kalapas setempat yang melibatkan Anjing K-9 Ayu Tink-Tink dalam kontrol Branggang. Terutama untuk mengantisipasi benda-benda mencurigakan yang mungkin di lempar dari luar ke dalam.

“Kita harus lebih teliti dan waspada dalam memeriksa setiap area, perhatikan hal-hal kecil yang sekiranya dapat menyebabkan gangguan kamtib” pungkasnya.

Diketahui, area branggang berada di antara bangunan blok hunian dan tembok keliling Lapas, sebab wilayah ini digunakan untuk saluran pembuangan air. Area ini juga merupakan salah satu area steril yang tidak boleh dimasuki WBP tanpa seijin petugas.

Diharapkan dengan adanya kontrol Branggang secara rutin ini Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Pamekasan dalam keadaan Aman dan Kondusif. Sehingga proses pembinaan bagi warga binaan dapat berjalan dengan baik sesuai harapan berbagai pihak.(Yudi)

Komentar