IKM UMKM Kembali Dikawal BCM dan Pemkab Demi Kesejahteraan

News Satu, Pamekasan, Rabu 6 April 2022- Setelah sukses mengawal kemajuan produk industri kecil menengah (IKM) dan UMKM tahun 2021 lalu. Bahkan dengan mengantar beberapa IKM Madura untuk ekspor ke luar negeri, Bea Cukai Madura (BCM) kembali melanjutkan keberhasilan tersebut di tahun 2022.

Maka terhitung mulai awal 2022 tepatnya pada Maret 2022 lalu, Bea Cukai Madura kembali menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ‘Gali Potensi Ekspor IKM UMKM Madura’. Tak ayal jika kegiatan bernuansa kemajuan ekonomi kerakyatan dan kreatif itu bertempat di aula Kantor Bea Cukai Madura, jalan raya panglima Sudirman, Pamekasan, Jawa Timur.

Hal ini dijabarkan oleh Walida Utami, pelaksana pada subseksi penyuluhan yang berkesempatan membawakan acara pada kesempatan tersebut. Terlebih, diacara yang telah dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Madura, Yanuar Calliandra diikuti oleh, sebagian besar IKM dan UMKM yang berdomisili dari Bumi Gerbang Salam, Kabupaten Pamekasan.

Dijelaskannya, pada saat itu, ada perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan juga turut andil mendampingi pelaksanaan sosialisasi tersebut. Semua mengingat begitu pentingnya acara tersebut bagi IKM dan UMKM Madura karena mereka adalah salah satu pendorong aktivitas ekonomi di Indonesia.

“Sebagian besar peserta khususnya yang belum pernah memiliki pengalaman ekspor sangat antusias menyimak materi,” ungkap Zainul Arifin, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Rabu (6/4/2022).

Bahkan, diakuinya, mereka kembali tercerahkan dengan paparan materi yang telah dijelaskan oleh tim dari Pemkab dan BCM. Mulai dari pengertian ekspor itu sendiri hingga alur eksportasi barang dan persyaratan yang diperlukan untuk dapat go internasional.

“Sebagai pengemban salah satu misi DJBC yakni trade facilitator yakni memfasilitasi perdagangan, untuk itu Bea Cukai siap membantu dan mendukung kegiatan IKM dan UMKM untuk dapat ekspor ke luar negeri”, ungkap Zainul.

Diharapkan kedepannya dengan program pendampingan ekspor ini bisa semakin memajukan kesejahteraan masyarakat terutama dalam upaya menguatkan laju ekonomi kecil dan menengah Bumi Gerbang Salam.(Yudi)

Komentar