Pertumbuhan Ekonomi Minus, Bupati Pamekasan Optimalkan Belanja Produk Lokal

News Satu, Pamekasan, Senin 2 Agustus 2021- Pandemi Covid-19 yang masih melanda di berbagai wilayah di Indonesia masih menjadi salah satu faktor perlambatan ekonomi masyarakat. Tak hanya di kota besar saja bahkan di kabupaten dan kota di Jawa timur juga tak luput dari dampak negatif terhadap produktifitas masyarakat setempat.

Bahkan, menurut Bupati H Baddrut Tamam perlambatan ekonomi itu sudah membuat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, berada dalam kondisi negatif pula. Yakni sudah dalam posisi di bawah nol pertumbuhan ekonomi, dengan angka sekitar minus 2,5 persen per Juni 2021.

Hal ini, menurutnya merupakan salah satu indikator menuju lumpuhnya laju ekonomi masyarakat Bumi Gerbang Salam saat ini. Tak hanya dititik itu saja, dikhawatirkan titik minus ini akan besar kemungkinan akan menukik ke posisi minus 3 persen jika masih dalam kondisi serupa bulan ini.

“Per bulan Juni 2021 ini kita sudah diposisi minus 2,5 persen dan dimungkinkan akan menjadi minus 3 persen jika berkelanjutan,” ungkapnya, Senin (2/8/2021).

Baginya, salah satu upaya untuk mengangkat laju pertumbuhan perekonomian di Pamekasan yakni dengan pola Pemberdayaan produk lokal disamping pembangunan fisik. Semua potensi di masing-masing komponen masyarakat harus tetap dikuatkan dengan optimalisasi belanja produk lokal tersebut.

“Kami akan kuatkan di pemberdayaan masyarakat, dan membeli produk lokal, disamping pembangunan fisik hingga di pelosok,” ujarnya.

Salah satu cara taktisnya, yakni mengoptimalkan pembelanjaan dari berbagai kreasi dan produksi berbasis kearifan lokal dan masyarakat. Baik yang berkaitan dengan makanan minuman maupun produk kreatif sandang lainnya, di Kabupaten Batik tersebut.

“Salah satunya saya menggunakan produk lokal seperti jamu dan minuman lainnya yang memang produksi lokal Pamekasan untuk dibeli dan dibagikan ke masyarakat, dari pada vitamin dan obat kimia produk pabrik,” terangnya.

Dengan upaya sederhana itu, diharapkan dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat yang juga secara tidak langsung akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pamekasan sedikit demi sedikit menjadi posisi positif kembali.

“Semoga Pandemi Covid-19 ini segera berlalu, agar semua sektor bisa normal dan percepatan pembangunan daerah yang dirancang sebelumnya kembali berjalan optimal,” harapnya.(Yudi)

Komentar