oleh

PKSM Ujung Tombak Rehabilitasi dan Pemberdayaan Masyarakat

News Satu, Pamekasan, Kamis 8 April 2021- Menguatkan peran serta masyarakat dalam berbagai peran bersama baik dalam mensukseskan program pembangunan dan pelestarian lingkungan menjadi kunci utama keberhasilan kerja.

Bahkan semangat bersama dalam menunjang keberlangsungan lingkungan mutlak dibutuhkan untuk mewujudkannya di lapangan.

Di Madura Khususnya Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, pola kerja bersama dan sama sama kerja ini menjadi perhatian khusus bagiberbagai stakeholder.

Oleh karena itu, para leading sektor yang notabenenya sebagai pengampu kebijakan dalam lingkup pemerintah daerah.

Dalam keguyuban Forum Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Arek Lancor Kabupaten Pamekasan, beberapa elemen masyarakat berkumpul dan bersedia untuk menguatkan upaya Dinas Kehutanan Provinsi Jawa timur.

Terutama dalam memberikan pelayanan penyuluhan kehutanan dan pendampingan bersama tim teknis Dinas Kehutanan di lapangan hingga ke setiap Desa di pelosok Bumi Gerbang Salam.

Secara nyata, mereka telah mengadakan Rapat Koordinasi beberapa kali bersama Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Sumenep, Wilker Pamekasan. Tak ayal pola kolaboratif ini menjadi rolemodel baru dalam penguatan peran serta dan pemberdayaan masyarakat dibidang pelestarian lingkungan dan kehutanan ke depannya.

Menurut A. katri Atmodjo, Kasie Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat CDK Wilayah Sumenep, rapat kordinasi itu digalakkan dalam rangka Penyusunan Program Kerja PKSM Tahun 2021. Sehingga setiap kegiatan yang dilakukan PKSM akan separas dengan kebutuhan dan tugas pokok Dinas Kehutanan dalam penguatan pemberdayaan Masyarakat dan Binaan.

Selain itu juga, proses penyusunan Program Kerja ini dimaksudkan dalam rangka memenuhi Permenhut NOMOR P.76/Menlhk/Setjen/Kum.1/8/2016 BAB II Pasal 6 (1) diktum a.

“Berbunyi, menyusun perencanaan penyuluhan yang terintegrasi dengan programa penyuluhan di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat,” terangnya, Kamis (8/4/2021) siang.

Dalam kesempatan tersebut CDK Wilayah Sumenep, Wilker Pamekasan juga memberikan bantuan sarana kesekretariatan. Itu, antaranya sarana keadministrasian kepada Forum PKSM Arek Lancor Kab. Pamekasan berupa stempel , kertas HVS, dan satu paket ATK.

“Kedepan PKSM merupakan bagian dari kita. Sehingga dengan semangat bersinergi dengan baik, maka bersama kita bisa,” tegasnya.

Disinggung terkait kebutuhan personil dalam kekuatan tim dalam PKSM tersebut, Pihaknya mengatakan bahwa untuk awalan dibutuhkan dua atau tiga orang yang bisa mengkover setiap kecamatan yang ada di Pamekasan. Nantinya secara teknis mereka akan bersama, tim penyuluh dari dinas kehutanan Jatim untuk turun di lapangan.

“Konsepnya kita menginginkan gerakan mereka layaknya sebagai ujung tombak berjiwa sukarelawan lingkungan yang bisa bersama bergerak dengan CDK Wilayah Sumenep Wilker Pamekasan di kecamatan masing masing” tuturnya. (Yudi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.