oleh

Tak Pandang Bulu, Satops Patnal Korwil Madura Lakukan Tes Urine Kepada Pegawai Lapas

News Satu, Pamekasan, Selasa 16 Februari 2021– Gerak Cepat Kementerian Hukum dan Ham RI melalui Kantor Wilayah Jawa Timur, dalam menerapkan fungsi pengawasan dan pengendalian pada Satops Patnal di Wilayah Madura langsung nampak. Bahkan kali ini pasca dikukuhkan mereka langsung bergerak secara sinergis menggeledah salah satu Lapas Kelas IIA di Pamekasan Jawa Timur, Senin malam.

Selain melakukan razia di beberapa blok hunian, tim Satops Patnal Korwil Madura juga melakukan urine test untuk mengetahui kandungan narkotika dalam tubuh para warga binaan dan pegawai. Beberapa perwakilan WBP dan perwakilan pegawai Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Pamekasan, yang dipilih acak tak luput dari tes tersebut.

Tim yang dipimpin Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Jatim, Hanibal melakukan aksinya malam kemarin sekiranya jam 20 :00 wib (15/2). Itu setelah dikukuhkan siang harinya oleh Kakanwil Krismono, Jajaran Kepala UPT se-Korwil Madura yang terjun langsung dalam operasi hari ini.

Operasi gabungan itu dimulai dengan razia blok hunian di Lapas Khusus Narkotika Pamekasan. Tak kurang 100 personel gabungan dari beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Korwil Madura ikut dalam operasi tersebut.

Hanibal mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk melaksanakan target kinerja Kanwil Kumham Jatim. Yaitu seluruh UPT lapas/ rutan di Jawa Timur zero handphone, pungli dan narkotika (Halinar).

“Sasaran utama adalah barang-barang yang dilarang dibawa ke dalam lapas, seperti HP dan Narkoba serta barang lain” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Shohibur Rachman mengatakan bahwa kegiatan itu dilakukan sebagai komitmen bersama di lingkungan Korwil Madura yang ini mewujudkan Lapas yang Bersih secara utuh. Baik bersih dalam pelayanan, bersih dalam pungli dan bersih dalam narkoba dan HP.

“Dari kegiatan malam ini, banyak terjaring berbagi barang dan benda terlarang yang seharusnya tidak boleh dalam penguasaan warga binaan pemasyarakatan di sini. Selanjutnya agenda serupa akan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan,” pungkasnya pada media.(Yudi)

Komentar