Dilarang Mudik, Penjual Bunga Di Kota Probolinggo Sepi Pembeli

News Satu, Probolinggo, Kamis 23 April 2020- Umat Islam di Kota Probolinggo, Jawa Timur, akan mulai berpuasa pada Jumat (23/4/2020). Sudah menjadi tradisi, sebelum berpuasa, umat Islam di Kota Probolinggo ini nyekar atau ziarah kubur ke makam keluarganya. Tak ayal, setiap H-1 bulan Ramadhan banyak penjual bunga musima di dekat kuburan atau makam.

Namun, pada Ramadah tahun ini, tidak seramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, makam atau kuburan dipadati para peziarah, kini minim sekali. Akibatnya para penjual bunga juga merasakan sepinya peziaran, karena bunga yang mereka jajahkan tidak laku.

Mulyono (45) penjual bunga mengatakan pembeli bunga pada tahun ini sangat sepi, dibandingkan dengan tahun lalu. Biasanya, setiap menjelang Ramadh, warga ramai-ramai nyekar ke makam dan menabur bunga.

Baca Juga :  Pro Kontra Penutupan Dua Tempat Hiburan Malam Di Kota Probolinggo

“Tapi saat ini, malah sepi,” katanya, Kamis (24/4/2020).

Ia mengatakan, para peziarah berdatangan pada H-1 bulan Ramadhan dan nyekar ke maka orang tuanya atau sanak familinya. Akan tetapi, karena Indonesia dilanda Pandemi Covid-19 dan adanya larangan untuk pulang kampung, banyak masyaraka Kota Probolinggo yang berada diluar tidak pulang.

“Semoga saja, pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Warga bisa kembali berkativitas seperti biasanya,” harap Mulyono. (Bambang)

Komentar