DPRRI Fraksi Nasdem Salurkan Bantuan Beasiswa di Probolinggo

News Satu, Probolinggo, Selasa 30 Agustus 2022- Anggota DPRRI Komisi X Fraksi Nasdem, Mohamad Haerul Amri mengupayakan untuk peningkatkan Indeks Pendidikan dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

Dengan langkah perhatian khusus melalui penyaluran beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yaitu jalur aspirasi di dua daerah pemilihan Probolinggo dan Pasuruan.

Penyaluran bantuan tersebut, difokuskan bagi siswa yang berada di wilayah kota Probolinggo, tepatnya dilokasi Kantor DPD Nasdem Kota Probolinggo, Jl Ahmah Yani yang dihadiri langsung oleh DPR RI, Mohamad Haerul Amri didampingi ketua DPD Nasdem, Zulfikar Imawan. Selasa (30/8/2022).

“Bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar Jalur Aspirasi tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-sebaiknya untuk menimba ilmu di sekolah masing- masing. Terutama kepada pelajar dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah,” tutur Moh Haerul Amri.

Untuk tahapan pertama yang disalurkan sebanyak 13.871 untuk siswa SD, 5.850 untuk SMP, 2.290 untuk SMA, 306 untuk SMK, dan beasiswa untuk Perguruan Tinggi (PT) sebanyak 500 mahasiswa.

“Penyaluran tahap pertama, rinciannya untuk beasiswa SD 7.555, SMP 1.957, SMA 820, dan SMK 881. Sisanya akan di salurkan tahap dua di bulan September 2022,” tegasnya.

Pria yang juga sebagai Wakil Ketua GP Ansor ini menyampaikan, banyaknya nominal bantuan yang diberikan untuk siswa SD senilai Rp450 ribu, siswa SMP senilai Rp 750 ribu, SMA dan SMK Rp1 juta, dan untuk yang kuliah mendapatkan sesuai dengan aktivitasi kampusnya, yakni kampus Akreditasi B sekitar Rp3 juta, Akreditasi A mendapatkan uang setiap bulannya Rp700 ribu.

“Beasiswa itu dapat mengobarkan semangat belajarnya di dunia pendidikan ke depan. Semoga bermanfaat bagi para penerima beasiswa. Sehingga para pelajar semakin giat dan semangat lagi untuk belajar dan berprestasi,” harapnya.

Tak hanya itu, Gus Amri menjelaskan PIP merupakan program dari mitra kerjanya bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, semata-mata ingin memberikan pelayanan yang terbaik negara untuk menyalurkan.

“Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin tanpa mengenal lelah, siapa pun orangnya dan tidak melihat apapun partainya dapat memperolehnya. Kami tekankan, penyaluran tidak ada potongan. Haram buat kami, semuanya dilakukan untuk membantu kebahagiaan putra-putri agar punya semangat berprestasi,” tuturnya.

Disisi lain, untuk meningkatkan Indeks Pendidikan dan IPM daerah tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Ini merupakan tanggung jawab bersama. Semua elemen masyarakat harus dirangkul untuk membangun pembangunan SDM.

“Dalam persoalan ini dibutuhkan sebuah kesadaran kolektif kolegial. Jika kesadaran bersama telah dibentuk dalam satu misi besar, maka akan mudah nantinya kita memperbaiki indeks pendidikan,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo, Zulfikar Imawan beri apresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Mohamad Haerul Amri yang telah menyalurkan Beasiswa Program Indonesia Pintar Jalur Aspirasi tersebut.

“Semoga program PIP Jalur Aspirasi bisa berkelanjutan. Harapannya bisa memberikan semangat belajar untuk siswa agar lebih berprestasi,” singkatnya. (Bambang)

Komentar