Kota Probolinggo Masuk Wilayah Rawan Konflik Pilkada 2024, Ini Tanggapan Kader PPP

News Satu, Probolinggo, Rabu 13 Juli 2022- Salah satu kader partai politik kota Probolinggo merespon soal informasi KPU Jatim yang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu 2024pada Selasa (12/7/2022) kemarin. Dimana Kota Probolinggo masuk kategori wilayah yang rawan terjadinya konflik dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 lalu.

Zainullah Fatoni yang merupakan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Probolinggo menyampaikan bahwa pihaknya tidak sepakat akan pendapat itu.

“Saya kurang sepakat. Buktinya pemilu 2019 kemarin berjalan dengan baik,” paparnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/7/2022).

Meskipun begitu, Pihaknya tidak memungkiri bahwa di Kota Probolinggo pernah mengalami insiden buruk pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2014 lalu. Yakni peristiwa pembakaran pada sebuah mobil saat proses penghitungan Pemilu Kepala Daerah.

Baca Juga :  Relawan Jokowi TKN Santuni Ratusan Yatim Piatu di Probolinggo

“Tapi pada pemilu tahun 2019, Kota Probolinggo sudah kondusif dan tidak terjadi apa – apa. Tahapan Pilkada berjalan lancar dan sukses,” tegasnya.

Lebih lanjut, Orang yang menjabat sebagai anggota DPRD Kota Probolinggo ini mengatakan, rawannya konflik pada saat pemilu tidak hanya terjadi di Kota Probolinggo saja. Tetapi semua daerah rentan terjadi konflik saat pelaksanaan pemilu.

“Karena di saat pemilu itu merupakan pertarungan kontestasi politik. Serta pertarungan kekuasaan,” paparnya.

Peristiwa terjadinya konflik di Pilkada itu, menurutnya, semua kembali pada masing-masing para kontestan dan peserta Pemilu.

“Yang bisa meminimalisir terjadinya konflik itu tergantung pada individual kontestan itu sendiri,” imbuhnya.

Selain itu, politisi muda ini mengaku sangat optimis pada pemilu 2024 mendatang Kota Probolinggo akan kondusif. Sikap optimisnya itu bukan tanpa alasan, tetapi berdasarkan pengalaman pada pemilu 2019 kemarin yang berlangsung aman dan kondusif.

Baca Juga :  Kodim 0402 Bersama Baznas OKI Serahkan Bantuan Bedah Rumah ke-43 dan ke-44

Sementara saat disinggung target kursi PPP pada pemilihan legislatif (Pileg) Pemilu 2024 mendatang, Zainullah Fatoni optimis partainya bisa mendapatkan 8 kursi. Target ini karena dengan masuknya mantan Wali Kota Probolinggo, Buchori menjadi pembina di partai PPP dan Mantan Walikota Probolinggo, Hj Rukmini.

“Figur Pak Buchori masih berpengaruh di Kota Probolinggo. Dan saya optimis nantinya suara PPP akan mencapai kursi yang sudah ditargetkan,” ringkasnya. (Bambang) 

Komentar