Kota Probolinggo Terima Dua Penghargaan Dari Kementerian

News Satu, Probolinggo, Sabtu 23 Juli 2022- Kabar berita bahwa Kota Probolinggo Jawa Timur, Sudah berhasil dapatkan dua penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021, yakni Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Kepala Daerah, Kategori Kota Sedang Terbaik III untuk pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2021. Juga meraih terbaik III kriteria pemda kategori sedang.

Penghargaan itu langsung diterima oleh Plh walikota Probolinggo, Sekda Ninik Ira Wibawati di Jakarta dalam acara Penganugerahan Penghargaan Kalpatru 2022 dan Nirwasita Tantra 2021 hari Rabu 20 Juli 2022 kemarin berlokasi di gedung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Anugerah Nirwasita Tantra ini diberikan untuk pemerintah daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota atas kepemimpinan dan pemahamannya terhadap isu lingkungan, sebagai respon kebijakan kepala daerah dalam menjawab persoalan lingkungan hidup. Serta inovasi dan kepemimpinan kepala daerah dalam merespon persoalan lingkungan hidup.

Sekda Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati selaku Plh Walikota Probolinggo semenjak Hadi Zainal Abidin bersama Aminah Hadi Zainal Abidin melakukan ibadah haji tahun 2022 ketanah suci mekah menyampaikan, “Kami mengucapkan syukur terima kasih, Alhamdulillah ya Allah, selamat kepada wali kota Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo yang mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021. Kota Probolinggo berkomitmen untuk mempertahankan kesinambungan memelihara lingkungan hidup,” paparnya.

“Kami berharap juga Pemerintah Kota Probolinggo tidak sendiri, Bapak Wali Kota Probolinggo bersama masyarakat menjaga bersama terkait lingkungan hidup dan mempertahankan capaian-capaian yang sudah kita capai saat ini,” harapnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo ,Rachmadeta Antariksa mengatakan,Pihaknya akan hadapi tantangan ke depan dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Probolinggo.

“Tentunya, tantangan ke depan makin berat dan harus berkelanjutan, karena contohnya, kemarin seperti ketika ada wabah Covid-19, nah pemerintah kota bagaimana menangani pengelolaan lingkungan sejalan dengan wabah, ini pentingnya pengelolaan lingkungan yang mengikuti perkembangan zaman, ketika ada wabah kita mampu mengantisipasi, ketika mungkin ada bencana kita juga mampu mengantisipasi,” jelasnya. (Bambang)

Komentar