Sebuah IPAL Komonal Kedung Galeng Beraroma Tak Sedap Dikomplen Warga

News Satu, Probolinggo, Jum’at 4 Februari 2022- Warga Kelurahan Kedung Galeng, kecamatan Wonoasih, kota Probolinggo, Jawa Timur, keluhkan adanya bau tak sedap yang berasal dari sebuah SepBiting/ IPAL komonal berlokasi di jalan kelurahan Kedung Galeng tersebut.

Saat dikonfirmasi, Ketua RT 4/RW 2 kelurahan setempat melalui istrinya, Ike Nurjannah, membenarkan keluhan warga soal Sepbiting (IPAL Komonal) penampung kotoran dari rumah warga sejumlah dua RT satu RW.

“Ya, memang benar adanya bau tak sedap. Malahan saya sering dikomplen warga soal komonal yang bocor itu. Semua kotoran dari rumah warga masuk kesini. Mulai dari kotoran manusia dan bekas Cuci piring, mandi, dan lainnya campur aduk disini. Dan saat ini tersumbat tidak jalan,” ujarnya, Jum’at (4/2/2022).

Warga setempat meminta agar pihak pemerintah untuk membantu mencarikan solusi agar tidak menyebabkan bau lagi. Selain masalah komonal, lampu jalan sering padam. Apalagi saat musim hujan, jalan tersebut sering terganggu adanya kondisi penutup komonal mulai rusak.

“Lampu jalan mati dan jalannya agak rusak adanya kondisi penutup komonal sudah rusak,” imbuhnya.

“Ini dibangun sejak tahun 2018. Saat ini tersumbat dan jarang disedot (Kuras) hingga sampai rusak dan tidak terawat, ” pungkasnya.(Bambang)

Komentar