Disbudporapar Akan Gelar Festival Layangan LED Piala Bupati Sumenep

News Satu, Sumenep, Kamis 16 Maret 2023- Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar festival layangan LED Piala Bupati Sumenep. Festival Layangan LED Piala Bupati Sumenep ini, akan ditempatkan di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang, pada malam hari.

Festival Layangan LED itu bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batang-Batang bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) dan pihak kecamatan setempat.

Kegiatan itu akan dilaksanakan pada malam Hari Raya Ketupatan Bulan Syawal 1444 Hijriah. Acara itu untuk memberikan hiburan tradisional kepada masyarakat untuk memperkenalkan kegiatan tradisional masyarakat Kabupaten Sumenep ke belahan dunia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Moh. Iksan menerangkan, Festival Layangan LED itu sangat unik. Diterbangkan malam hari penuh dengan lampu akan menghiasi langit Pantai Lombang.

“Layangan LED merupakan layangan biasa tapi dilengkapi lampu warna-warni dengan baterai selama mengudara. Dalam Festival Layangan LED yang diutamakan adalah keindahan aksesoris lampunya, maka dibutuhkan kreativitas tinggi dari peserta untuk menciptakan layangan yang indah dan menarik saat diterbangkan,” katanya, Kamis (16/3/2023).

Lanjut Iksan, peserta mempersiapkan keindahan layangan untuk ikut festival nanti, maka festival itu terbuka untuk umum.

“Karena Festival Layangan LED pertama diadakan di Madura khususnya Sumenep, tentunya dengan hadiah jutaan rupiah dan piala Bupati bergilir. Kegiatan ini diharapkan ikut memacu usaha-usaha kecil baik kuliner, oleh-oleh, dan usaha kecil lainnya di sekitar Kecamatan Batang-batang dan Pantai Lombang,” tandasnya.

Iksan manambahkan, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH, akan membuka Festival Layangan LED yang direncanakan juga untuk menginap di Pantai Lombang bersama jajaran Forkopimda Sumenep, sekaligus membuka Pesta Ketupat Rakyat keesokan harinya di tempat yang sama.

“Nanti bapak Bupati yang akan membuka dan rencananya menginap di Pantai Lombang bersama Forkopimda,” pungkasnya. (Zalwi)

Komentar