oleh

Kembangkan Ekonomi, Walikota Batu ajak Masyarakat Tanam Porang

News Satu, Kota Batu, Rabu 2 September 2020- Untuk mengembangkan ekonomi dan ketahanan pangan,  Wali Kota Batu, Jawa Timur, Dra Hj Dewanti Rumpoko mengajak kepada masyarakat untuk melakukan penanaman pohon Porang.

Hal ini disampaikan Dewanti Rumpoko pada acara Penanaman Bersama Pengembangan Tanaman Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di kampung edukasi Hearing Forest & HHBK Center AMKE,  Desa Oro oro ombo,  Kota Batu.

Dalam sambutannya, Walikota Batu mengatakan, tanaman Porang merupakan salah satu komoditas usaha kehutanan yang tumbuh di bawah tegakan kayu juga biasa disebut HHBK). Porang  sebagai alternatif bahan pangan selain beras dan umbi/ubi lainnya.

“Dengan kegiatan ini dimaksudkan agar petani sekitar kawasan hutan  ini  bisa mengerti  pengembangan porang dari budidaya hingga pengolahan hasil untuk dipasarkan, selain itu bisa menambah peningkatan pendapatan usaha taninya,” kata Dewanti Rumpoko, Rabu (2/9/2020).

Lebih lanjut Bu De menambahkan bahwa hingga saat ini produksi olahan porang sangat diminati oleh masyarakat khususnya kalangan kehutanan, Namun dengan adanya aksi ia berharap  bisa memperluas jaringan informasi tentang prospek pengembangan dan penanaman porang yang sangat banyak memperoleh keuntungan selain segi keuntungan secara ekonomis.

“Secara konservasi tanaman porang bisa menjadi penutup lahan sehingga peresapan air kedalam tanah cukup stabil. Pemerintah Kota Batu, mengajak masyarakat sekitar kawasan hutan untuk bekerjasama mengembangkan tanaman porang dalam rangka peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan serta mendukung kelestarian alam,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dandim 0818 Batu Malang Letkol Inf Yusub Dody Sandra SIP MIPol, Wakapolres Batu, Kajari Batu Dr Supriyanto, SH, beberapa Anggota DPRD, Wakil Rektor ITS Surabaya, Kepala Cabang Bank BNI Brawijaya Malang dan Kepala SKPD Terkait dilingkungan Pemkot Batu. (Wiyono)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.