oleh

Tangani Covid-19, Pemkot Batu Siapkan Dana Rp 59,5 Miliar

News Satu, Kota Batu, Minggu 5 April 2020- Dalam upaya menangani Covid-19 (Virus Corona) Pemerintah kota (Pemkot) Batu telah menyiapkan anggaran Rp 59,5 Miliar. Ada 3 sektor utama yang menjadi prioritas utama yaitu : Kebutuhan Kesehatan selama 3 bulan, bidang Ekonomi dan jaring pengaman sosial.

Wakil Walikota Batu Punjul Santoso menyampaikan  bahwa total anggaran yang disediakan Pemkot Batu untuk penangangan Covid-19 sejumlah Rp.59,5 M dan masing-masing Kepala Keluarga (KK) yang  terdampak  akan mendapat bantuan uang sebesar  Rp 500 ribu.

“Anggaran sebesar itu adalah dalam rangka mengatasi masalah Covid-19 ada 3 sektor utama yang menjadi prioritas utama yaitu : Kebutuhan Kesehatan selama 3 bulan Rp. 13 M,” kata Punjul Santoso yang juga Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Batu, Minggu (5/4/2020).

Anggaran Rp 13 miliar, lanjut Punjul akan dilakukan pengadaan pembelian Alat Pelindung Diri (APD), masker, hand sanitizer, desinfektan, rapid test, obat-obatan, insentif tenaga medis dan tenaga pendukung, biaya shelter karantina, tempat istirahat medis, biaya pengobatan rumah sakit,

“Perioritas kedua adalah Bidang Ekonomi, berupa pembebasan pajak hiburan dan hotel, pembebasan retribusi pasar, discount tarif PDAM,”ucap Punjul.

Sementara untuk pembebasan sewa bedak di tempat obyek wisata, kata Punjul  sedang dikaji termasuk pembebasan retribusi kebersihan serta PBB untuk sektor pertanian. Lanjut Politisi PDIP ini,  yang ketiga adalah Jaring Pengaman Sosial / Social Safety Net tahap awal disiapkan hampir 45 M untuk 3 bulan ke depan dan akan disiapkan sampai 6 bulan.

Komentar

News Feed