oleh

Harjabo Dan HUT RI Ke 75, Bupati Bondowoso Ajak Warga Mengenang Jasa Reden Bagus Asra

News Satu, Bondowoso, Senin 17 Agustus 2020- Dalam rangka  Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) yang ke 201 dan peringatan HUT RI Ke 75. Bupati Bondowoso, Jawa Timur, KH. Salwa Arifin mengajak warga warga untuk mengenang jasa para Pembabatan Pertama Bondowoso diantaranya Raden Bagus Asra.

Dalam Harjabo ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso Menggelar Tasyakuran di Makam Ki Ronggo yang terletak di Kelurahan Sekarputih. Peringatan ini di lakukan Setiap Setahun Sekali atau setiap Hari Jadi Bondowoso (Harjabo).

Dengan  mengingat Sejarah  Reden Bagus asra yang membabat hutan belantara pada tahun 1819 silam menjadi perkampungan dan akhirnya menjadi Kabupaten Bondowoso ini. Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengajak masyarakat mengenang jasa Raden Bagus Asra yang telah berjuang membabat Bondowoso. Raden Bagus Asra atau Ki Ronggo mulai membabat hutan belantara yang kini telah telah dikenal sebagai kota tape ini pada 1829.

“Kalau kita melihat, betul-betul luar biasa jasa dari pada Ki Ronggo ini. Bayangkan mulai hutan sekarang sudah menjadi kota yang seperti ini,” katanya, Senin (17/8/2020).

Lanjut Bupati menyampaikan, bahwa masyarakat Bondowoso harus memetik pelajaran dari semangat dan kegigihan Ki Ronggo.  Sebab, saat proses pembabatan pasti ada kendala dengan segala macam persoalan.

“Semangatnya harus kita tiru,” pintanya.

Bupati Salwa menyerukan agar seluruh masyarakat mendoakan Ki Ronggo sebagai wujud penghormatan atas perjuangannya. Sebab, tanpa peran Ki Ronggo, mungkin tidak akan ada yang namanya Kabupaten Bondowoso.

“Seandainya tidak ada Ki Ronggo, tidak akan ada Bondowoso. Karena Ki Ronggo membabat maka ada Bondowoso ini,” pungkasnya. (Rokib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.