AGROBISNISEKONOMIKEDIRINASIONALNEWSNEWS SATU

Mulai Juni 2024, Super Air Jet Resmi Buka Rute Kediri-Balikpapan

1815
×

Mulai Juni 2024, Super Air Jet Resmi Buka Rute Kediri-Balikpapan

Sebarkan artikel ini
Mulai Juni 2024, Super Air Jet Resmi Buka Rute Kediri-Balikpapan
Mulai Juni 2024, Super Air Jet Resmi Buka Rute Kediri-Balikpapan

News Satu, Kediri, Jumat 17 Mei 2024- Maskapai penerbangan Super Air Jet mengumumkan pembukaan rute penerbangan domestik baru yang menghubungkan Bandar Udara Dhoho di Kediri dengan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan.

Rute ini mulai beroperasi pada 6 Juni 2024, dan merupakan bagian dari upaya mendukung pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

General Manager Bandar Udara Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim, menyambut baik pembukaan rute baru ini.

“Kami apresiasi kepada Super Air Jet yang telah melayani rute penerbangan dari Kediri ke Balikpapan. Dengan adanya rute baru di Bandar Udara Dhoho – Kediri ini, mobilitas antarkota akan semakin mudah sehingga memberikan multiplier effect terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kediri. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah wisatawan dan pelaku bisnis,” ujarnya, Jumat (17/5/2024).

Penerbangan Super Air Jet ini dijadwalkan terbang tiga kali seminggu, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Pesawat akan berangkat dari Balikpapan pukul 12.45 WITA dan tiba di Kediri pukul 13.15 WIB.

“Untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Kediri pukul 14.00 WIB dan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA,” tandasnya.

Bandar Udara Dhoho Kediri, yang mulai beroperasi pada 29 Maret 2023, dibangun oleh PT Surya Dhoho Investama dan dioperasikan oleh Angkasa Pura Indonesia. Bandara ini dilengkapi dengan fasilitas modern termasuk runway sepanjang 3.300 meter dengan lebar 45 meter yang mampu melayani pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER.

“Terminal penumpang seluas 28.000 meter persegi mampu menampung 1,5 juta penumpang per tahun. Apron komersial bandara ini memiliki kapasitas 12 pesawat narrow body dan 3 wide body, serta apron VIP yang dapat menampung 4 small aircraft atau 1 narrow body,” terangnya.

Pembukaan rute ini tidak hanya mempermudah akses antara Kediri dan Balikpapan, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal serta sektor pariwisata.

“Balikpapan, yang dikenal sebagai gerbang menuju IKN baru, menawarkan berbagai destinasi menarik dari keindahan alam hingga wisata kuliner yang dapat dieksplorasi oleh wisatawan, khususnya kalangan milenial,” pungkasnya.

Super Air Jet berharap dengan adanya rute ini, mobilitas masyarakat semakin lancar dan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan wilayah Kediri dan Balikpapan. (Santo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.