oleh

Korem 082 CPYJ Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

News Satu, Lamongan, Senin 26 November 2018- Memasuki musim penghujan yang dinilai sangat rentan akan terjadinya bencana, seluruh pihak di wilayah tugas Korem 082/CPYJ mulai menggelar latihan penanggulangan bencana alam. Pada kesempatan upacara pembukaan latihan yang berlangsung di lapangan dusun Bakalanpule, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim) setidaknya diikuti oleh ratusan kalangan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemda hingga beberapa Satuan TNI yang berada di Kabupaten Lamongan.

Kepala Staf Korem, Letkol Inf Moch Sulistiono menegaskan, Indonesia yang memiliki letak geografis, geologis, hidrologis dan demografis, sangat memungkinkan terjadi bencana alam, baik dari faktor alam maupun manusia.

“Dalam pelaksanaan tugas operasi militer selain perang, TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki kemampuan dan kekuatan. Baik dari segi personel, maupun sarana dan prasana yang mendukung, Sehingga, diharapkan mampu membantu Pemerintah Daerah secara aktif dalam menanggulangi bencana alam melalui bantuan kemanusiaan karena dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa tersebut,” jelas Kasrem, Senin (26/11/2018).

Sebagai aparat territorial, kata Kasrem, TNI harus berperan aktif dalam membangun system pertahanan negara melalui misi kemanusiaan, terlebih dalam membantu masyarakat yang terkena musibah, ataupun bencana alam.

“Korem, bersama pihak terkait nantinya akan menggelar latihan penanggulangan bersama, kurang lebih selama 5 hari. Kami berharap, latihan itu dapat memberikan manfaat positif, terlebih dalam menghadapi terjadinya bancana alam yang suatu saat bisa terjadi,” pinta Letkol Moch Sulistiono. (CPYJ)

Komentar